www.unic77.net www.unic77.net

Menata Taman Agar Lebih Indah

1794 Kali

RUMAH190.COM Jangan biarkan halaman rumah Anda terlihat kering dan gersang. Karena Anda bisa menatanya menjadi taman yang asri. Apalagi jika Anda pandai memilih jenis tanaman hias untuk taman, niscaya tampilan halaman rumah Anda menjadi lebih indah. Keberadaan taman pada rumah, kini tak lagi menjadi sekadar komplemen bagi keindahan tempat tinggal. Dalam perkembangannya, taman di rumah justru menjadi salah satu sentral perhatian. “Almarhum Suami sangat menyukai tanaman, saya kerap kali menemaninya berburu tanaman hias. Hasilnya ya seperti ini,” jelas Ny Sutarno sembari menunjuk halaman rumahnya yang kini berubah menjadi taman yang dipenuhi berbagai jenis tanaman hias yang tertata rapi.

Kediaman keluarga Sutarno di Penumping, Laweyan, Solo memang terasa sejuk, ini karena kerimbunan tanaman yang ada di halaman rumah. Keberadaan taman di rumah Sutarno, menonjolkan nuansa tropis yang kental, sinar matahari yang masuk ke bagian teras rumah seperti disortir oleh kerimbunan dedaunan beberapa pohon besar yang berdiri kokoh di taman yang juga dihiasi beberapa tanaman merambat. Hasilnya, udara di rumah keluarga Sutarno pun tetap sejuk kendati matahari sedang bersinar terik. Tidak hanya pepohonan namun di bagian tengah taman beberapa jenis tanaman hias seperti euphorbia dan adenium dalam pot bunga berukuran sedang yang tersusun rapi menambah keasrian.

Keindahan taman keluarga Sutarno semakin lengkap dengan peletakan gentong bulat berwarna hijau yang berisi rangkaian kuncup bunga teratai di pojok taman. Tak ketinggalan beberapa tanaman obat pun ikut nampang, di taman berukuran delapan kali enam meter ini. Lantas, dengan kombinasi berbagai jenis tanaman tersebut, sebenarnya apa sih konsep taman yang ingin ditampilkan? “Wah, terus terang saya tidak pernah membuat konsep khusus untuk taman rumah, yang jelas taman harus berkesan rindang tapi juga tidak terlalu rimbun sehingga masih terkesan lapang.”

Tanaman buah

Pemilihan tanaman-tanaman besar yang produktif seperti mangga atau rambutan boleh jadi pilihan tepat bagi taman berkonsep kebun tropis. Pasalnya, sambung Ny Sutarno, selain buahnya bisa dimanfaatkan, tanaman seperti pohon mangga dan rambutan tak membutuhkan perhatian khusus. Tak hanya itu, daunnya yang tak terlalu lebat juga memberi celah bagi cahaya matahari untuk penerangan alami bagi rumah anda di siang hari. Alhasil, suasana rumah tak terlalu lembab tetapi juga cukup sejuk bila Anda ingin menghabiskan waktu minum teh sambil bersantai di teras rumah.

Lebih dari sekadar nilai estetika dan penyejuk mata, taman rumah juga harus bisa memberi manfaat lebih. Itu sebabnya, Ny Sutarno juga tetap memilih memelihara beberapa tanaman obat di halaman rumahnya seperti mahkota dewa, daun dewa dan lidah buaya. “Ada juga tanaman kunci, tapi tak banyak. Jadi kalau sewaktu-waktu membutuhkan tinggal ambil saja,” terangnya lagi.

Meski begitu, kunci dari taman yang asri sebenarnya adalah penataan tanaman. Menurut Ny Sutarno tak ada rumusan khusus dalam penataan tanaman, semuanya diatur berdasarkan sifat-sifat tanaman yang kemudian dikombinasikan dengan keserasian. Untuk urusan penataan tanaman tersebut, keluarga Sutarno menyerahkannya kepada penata kebun mereka, Sukirno. “Yang paling penting untuk penataan tanaman adalah penyesuaian dengan sifat tanaman. Untuk euphorbia dan adenium misalnya, kedua jenis tanaman itu membutuhkan sinar matahari yang cukup maka harus diletakkan di tempat yang banyak sinar mataharinya,” jelas Sukirno.

Sementara itu, untuk tanaman jenis paku-pakuan yang membutuhkan tempat lembab sebaiknya diletakkan pada tempat yang memiliki kelembaban cukup dan tak terkena sinar matahari secara langsung. Keluarga Sutarno memanfaatkan dinding pagarnya untuk menanam tanaman jenis ini, dan ternyata tanaman paku ini juga bermanfaat sebagai ornamen pada dinding pagar bagian dalam. “Saya menyukai tanaman paku-pakuan seperti suplir, ternyata tanaman itu juga bisa menjadi ornamen untuk menghiasi dinding jadi tak berkesan kosong. Ya sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui,” gurau Ny Sutarno.  ( Esmasari W )

RELATED POST FOR CATEGORY

Bedah Rumah

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS