Ruang Tamu Ukuran Kecil Sederhana Namun dapat memberikan kesan mendalam bagi tamu yang datang berkunjung maupun pemilik rumah./desaininc.com Ruang Tamu Ukuran Kecil Sederhana Namun dapat memberikan kesan mendalam bagi tamu yang datang berkunjung maupun pemilik rumah./desaininc.com

Menciptakan Ruang Tamu Multifungsi

1935 Kali

RUMAH190.COM–Menghadirkan ruang tamu multifungsi dalam sebuah rumah hunian boleh dibilang menjadi salah satu solusi menarik untuk menyiasati lahan rumah yang terbatas. Dengan desain dan penataan yang apik, ruang tamu bisa difungsikan untuk beberapa kegiatan.

Memaksimalkan setiap ruangan dalam rumah hunian seperti sudah menjadi sebuah keharusan yang dilakukan pada rumah dengan lahan terbatas. Salah satu bentuk memaksimalkan ruangan adalah dengan menghadirkan ruang tamu multifungsi dalam rumah.

Pada umumnya, ruang tamu berfungsi sebagai tempat untuk menerima tamu. Namun jika lahan terbatas dan kondisi memungkinkan untuk menghadirkan fungsi lain, tak ada salahnya memfungsikan ruang tamu untuk keperluan berbeda, seperti digunakan sebagai ruang keluarga hingga tempat untuk bermain anak.

Seperti dilakukan Lusi yang berdiam di Puri Gentan Deluxe 19, Sukoharjo. Desain ruang tamu dalam rumahnya disatukan dengan ruang keluarga sekaligus digunakan untuk tempat display baju dan aksesori dari batu-batuan hasil rancangannya. Ruangan multifungsi tersebut berukuran luas sekitar 6X7 meter dibuat tanpa sekat.

”Kami memang sengaja tidak menyekat ruang tamu dan ruang keluarga, sehingga ruangan ini tampak lebih lapang. Dan mengingat kami keluarga kecil, jadi belum terlalu butuh banyak privasi di ruang keluarga sehingga disatukan dengan ruang tamu,” ujar Lusi ketika dijumpai di kediamannya.

Pada bagian depan difungsikan untuk menerima tamu dengan menghadirkan seperangkat meja dan kursi tamu. Pada area yang digunakan untuk ruang keluarga berada di sebelah area ruang tamu dan didesain tanpa sekat permanen maupun tanpa skesel. Pada lantai area ruang keluarga dilapisi dengan karpet tebal sebagai pembeda fungsi antara ruang tamu dan ruang keluarga. Sementara pada bagian dinding samping terdapat meja multifungsi dengan laci banyak.

Bagian atas meja multifungsi tersebut digunakan untuk memajang aksesori hasil karya sang pemilik rumah, vas bunga dan frame foto keluarga. Sedangkan pada laci-lacinya digunakan untuk menyimpan peralatan dan bahan payet maupun batu-batu hias yang digunakan sebagai ornamen pada baju atau gaun-gaun karya rancangan sendiri.

Furnitur simpel

Sementara di dekat meja berlaci tersebut ditempatkan sebuah manekin untuk me-display gaun hasil rancangan Lusi yang hobi mendesain baju. ”Jadi tamu sekaligus bisa melihat baju atau gaun yang saya pajang di sini. Ya itung-itung dengan memajang gaun di situ menjadi sarana promosi ke teman-teman yang bertamu ke sini,” ujarnya. Sementara pada area ruang keluarga terdapat perangkat elektronik yang terdiri dari televisi dan satu set perangkat karaoke.

Hal tak jauh beda dilakukan oleh Ana yang berdiam di Perumahan Permata Puri No 39, Colomadu, Karanganyar. Ana memfungsikan ruang tamu sekaligus sebagai ruang keluarga dan untuk tempat bermain anak-anaknya. ”Karena lahan dan ruangan pada rumah saya terbatas, maka ruang tamu rumah saya sekaligus berfungsi sebagai ruang keluarga dan tempat bermain anak,” kata Ana.

Ruang tamu dengan luas sekitar 4X5 meter dibuat tanpa sekat. Ana mengatakan, furnitur untuk ruang tamu yang dipilih memang simpel dan jumlahnya tak banyak, hanya berupa kursi berbentuk L dan satu buah meja kecil. ”Kalau terlalu banyak furnitur takutnya ruangan jadi terkesan sumpek dan sempit,” jelas ibu dari tiga anak ini.

Sementara almari multifungsi diletakkan mepet dengan dinding yang digunakan untuk menempatkan televisi, koleksi buku dan beberapa barang pajangan dan mainan anak-anak. Ruang kosong antara perangkat kursi meja tamu dan almari multifungsi digunakan untuk tempat berkumpul keluarga sekaligus juga digunakan untuk area bermain bagi anak-anaknya. (Aeranie Nur Hafnie)

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS