Kendati lahannya terbatas, kamar mandi bisa tampil menarik dengan mendesainnya sedemikian rupa sesuai dengan selera dan kreasi sang empunya rumah./pinterst.com Kendati lahannya terbatas, kamar mandi bisa tampil menarik dengan mendesainnya sedemikian rupa sesuai dengan selera dan kreasi sang empunya rumah./pinterst.com

Mendesain Kamar Mandi Minimalis

3640 Kali

RUMAH190.COM– Asalkan kreatif, lahan terbatas bukan halangan untuk berekspresi dan menampilkan desain menarik dalam rumah Anda. Termasuk ketika mendesain kamar mandi dengan lahan terbatas.

Kamar mandi merupakan salah satu bagian yang harus ada dalam sebuah rumah hunian. Jika lahannya terbatas, kamar mandi pun biasanya didesain menyesuaikan luas lahan. Kendati lahannya terbatas, kamar mandi bisa tampil menarik dengan mendesainnya sedemikian rupa sesuai dengan selera dan kreasi sang empunya rumah.

Mendesain sendiri kamar mandi dengan memanfaatkan lahan yang terbatas juga dilakukan Johan Ies Wahyudi yang berdiam di Jl Manyar 7A Kerten, Solo. Jika foto-foto stylish atau foto-foto gaya biasanya dipajang di tempat-tempat strategis di rumah seperti ruang tamu, Johan justru memampang foto-foto ekspresi lucu anaknya di kamar mandi.

Kamar mandi berukuran 1 X 3 meter didesain dengan menghadirkan ornamen foto-foto ekpresif puterinya yang dicetak dalam keramik dan ditempelkan di sekitar kaca wastafel dan ditempel di dinding bagian atas kloset.

”Karena saya suka fotografi, saya menghadirkan sesuatu yang beda dengan menempatkan foto-foto hasil candid camera terhadap aksi lucu anak saya yang dicetak dalam keramik dan ditempelkan di kamar mandi. Aksen-aksen dikeramik yang ditempel di dinding tersebut dihadirkan agar kamar mandi menjadi lebih menarik,” ujar Johan saat ditemui Espos di kediamannya.

Johan yang juga seorang fotografer ini menyebutkan, kamar mandinya didesain dengan konsep minimalis untuk keluarga kecil dengan memaksimalkan lahan yang terbatas. Keramik bertekstur dipilih untuk lantai kamar mandi dan dindingnya dicat dengan warna hijau muda sesuai dengan warna kesukaan isteri.

Di dalam kamar mandi terdapat shower dan kloset duduk, sementara dindingnya dilapisi dengan keramik. Pada dinding samping atas terdapat dua buah kaca buram sebagai pencahayaan. Untuk menyekat antara kamar mandi dan ruang wastafel dibuat partisi yang penutupnya terbuat dari plastik bermotif.

Sedangkan di sekeliling kaca wastafel dikelilingi dengan keramik ukuran 20X20 sentimeter yang bergambar foto ekspresi puterinya dan ejaan abjad nama puterinya.

”Di dekat kaca juga ada jadwal waktu ibadah salat, jadi biar keluarga saya selalu ingat untuk salat,” ujar ayah dari Bumi Arane Iki dan Srengenge.

Terlihat terang

Sementara desain minimalis sederhana dipilih Lusi yang berdiam di Gentan pada kamar mandinya yang berukuran luas 1,5 X 2 meter.

”Kamar mandi ini sebenarnya kamar mandi tambahan. Karena lahannya terbatas dan biar mudah dibersihkan, saya memilih kamar mandi tanpa bak. Jadi hanya ada shower dan kloset duduk. Namun di kamar mandi tetap ada ember dan gayung kalau tidak ingin tidak menggunakan shower,” ujar Lusi.

Untuk cat pada dinding kamar mandi, Lusi dan suaminya memilih warna kuning gading agar kamar mandi terlihat terang. Sementara lantai kamar mandi dipilih warna merah tua dan bertekstur agar tidak licin. Dinding juga dilapisi dengan keramik warna cokelat biar terlihat lebih natural.

Agar lebih menarik, pada bagian pinggiran atasnya ditempel keramik berornamen ulir daun warna putih untuk menghadirkan unsur dekoratif. Sedangkan untuk sirkulasi udara, terdapat lubang udara pada bagian dinding samping kamar mandi dan kaca buram segi empat untuk pencahayaan kamar mandi. (Aeranie Nur Hafnie)

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS