Penempatan balkon yang baik disesuaikan dengan arsitektur rumahnya. Balkon bisa ditempatkan di depan, di belakang atau di samping kanan dan kiri rumah./youtube.com Penempatan balkon yang baik disesuaikan dengan arsitektur rumahnya. Balkon bisa ditempatkan di depan, di belakang atau di samping kanan dan kiri rumah./youtube.com

Menempatkan Gazebo dalam Balkon, Mengapa Tidak?

497 Kali

RUMAH190.com–Kehadiran balkon dalam rumah hunian merupakan elemen tambahan.Balkon sebagai interior rumah hunian terbagi menjadi dua, yakni balkon eksterior yang bentuknya menjorok ke luar ruangan rumah dan balkon interior yang bentuknya menjorok ke dalam ruangan rumah.

Desainer interior dari CCF Interior & Furniture Contractor yang berlokasi di Solo Baru, Jerry Suwanto SSn menjelaskan, balkon eksterior memiliki beberapa fungsi. Antara lain sebagai tempat agar si penghuni rumah mendapatkan view atau pandangan ke luar ruangan, sebagai pencahayaan dan sirkulasi udara.

Jerry mengungkapkan, biasanya jika ada balkon eksterior pasti ada pintu atau jendela yang menghubungkan salah satu ruangan dengan balkon tersebut. Pintu atau jendela tersebut biasanya dipadukan dengan kaca, sehingga cahaya matahari bisa masuk ke ruangan dan bisa menjadi media keluar masuknya udara.

Ukuran balkon sangat bervariasi, tapi karena hanya sebagai lahan tambahan, umumnya balkon berukuran kecil. Namun ada pula yang ukurannya besar, tergantung keinginan sang pemilik. Dia mengatakan, sayangnya untuk rumah-rumah di tengah kota jarang memanfaatkan balkon, mungkin karena mereka malas menggunakan balkon. Padahal jika mau, balkon bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Lebih indah

Alumnus Desain Interior Universitas Trisakti tersebut mengungkapkan, balkon eksterior dapat dimaksimalkan untuk berbagai hal. Salah satunya digunakan untuk teras sebagai tempat untuk duduk-duduk santai bersama keluarga. ”Kalau balkon tersebut ukurannya lumayan luas, di situ bisa dibangun gazebo. Bagi penyuka tanaman, pada atapnya bisa ditaruh tanaman merambat sehingga akan membuat tampilan rumah lebih indah dan lebih nyaman saat bersantai di balkon,” jelas Jerry saat berbincang dengan Rumah190.com di Solo.

Untuk membuat gazebo pada balkon, ukuran luas balkon setidaknya 3X4 meter. Sementara bagi rumah yang lahannya tak terlalu luas, bisa menyiasatinya dengan memanfaatkan balkon sebagai ruangan tertutup yang menjadi satu kesatuan dengan ruang yang bersebelahan langsung dengan balkon tersebut.

Misalnya saja, ujarnya, balkon tersebut berhubungan langsung dengan kamar tidur. Daripada balkon jarang digunakan sementara lahan rumah memang terbatas, balkon tersebut bisa dibuat tertutup sehingga bisa menjadi ruang tambahan yang dapat digunakan untuk ruang kerja atau almari built in. Bisa juga balkon digunakan untuk menaruh koleksi tanaman. Bisa tanaman gantung, merambat atau tanaman yang ditaruh dalam pot-pot. Jika rumahnya minimalis, bisa dibuat gantungan tanaman berupa kotak-kotak dari besi yang dicat hitam dengan bentuk sederhana. Sementara untuk rumah tropis bisa dibuat gantungan tanaman kotak-kotak dari kayu.

Penempatan balkon yang baik disesuaikan dengan arsitektur rumahnya. Balkon bisa ditempatkan di depan, di belakang atau di samping kanan dan kiri rumah. ”Yang tidak mau mengekspose balkon di luar bisa membuat balkon di bagian belakang dengan kebun sebagai viewnya,” kata Jerry.  (anh)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS