www.desainic.com www.desainic.com

Mengatur Tanaman Sesuai Karakter

1085 Kali

RUMAH190.COM Seperti membuat gambar pemandangan, penataan tanaman pada taman rumah ternyata perlu mempertimbangkan komposisi warna, jenis dan karakteristik tanaman. Intinya, keindahan taman di rumah Anda bukan ditentukan oleh jenis atau harga tanaman tetapi bergantung dari bagaimana tanaman itu diatur sesuai dengan karakteristiknya.

”Secara umum, pemilihan tanaman untuk taman bergantung pada selera pemilik rumah dan karakteristik tanaman. Jangan letakkan tanaman berukuran besar di bagian depan, sementara tanaman berukuran mini di bagian belakangnya, nanti komposisinya menjadi kurang bagus,” terang Ashari, landscaper (penata taman) dari nursery Mayang Widya Lili yang terletak di Jalan Slamet Riyadi, Purwosari, Solo.

Menurut Ashari, taman rumah biasanya terbagi dalam tiga kategori yaitu taman depan, taman belakang dan taman di dalam rumah (indoor). Untuk taman depan sebaiknya dipilih tanaman yang memiliki daya tahan cukup tinggi terhadap matahari, seperti tanaman-tanaman tropis.

Sementara itu, untuk memudahkan penataan, landscaper biasanya membagi taman dalam empat area yaitu bagian background, scrub, border dan ground-cover. Pada bagian background, sebaiknya pilih tanaman yang berukuran lebih besar atau lebih tinggi seperti tanaman palem-paleman atau kaktus. ”Bisa juga tanaman buah seperti mangga atau rambutan, tapi perlu lahan yang luas karena ukuran luas tanjung atau jangkauan tanaman buah biasanya cukup lebar. Kalau pekarangannya sempit bisa menutupi cahaya matahari yang masuk,” ungkap Ashari.

Berikutnya, untuk bagian scrub pilih tanaman yang lebih rimbun namun berukuran lebih pendek daripada tanaman background. Nah, untuk bagian border pilih tanaman yang lebih kecil, bisa tanaman-tanaman bunga dengan beraneka warna untuk memberi nuansa pada taman Anda. Selanjutnya, bagian ground-cover bisa ditutupi dengan rerumputan.

Lantas bagaimana dengan pemanfaatan tanaman obat di pekarangan rumah. ”Itu justru bisa jadi kreasi yang menarik,” sergah Ashari. Tanaman obat-obatan, sebaiknya diletakkan di bagian belakang rumah. Pasalnya, tanaman semacam ini biasanya kurang tahan terhadap paparan cahaya matahari. Seperti penataan pada taman depan, pengaturan tanaman pada taman belakang pun harus tetap memperhatikan karakteristik tanaman. Misalnya saja bila Anda ingin menanam tanaman Curcuma, sebaiknya letakkan sebagai tanaman background. ”Tanaman jenis temuireng dan temulawak itu bisa tumbuh tinggi sehingga sebaiknya diletakkan sebagai background. Nah di bagian scrub dapat disusun jenis tanaman yang lebih pendek seperti jahe atau kencur,” katanya.  ( Ewy)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS