Untuk membuat kolam ikan minimalis tak selalu memerlukan lahan luas. Dengan lahan yang terbatas pun Anda bisa menghadirkan sebuah kolam ikan sesuai selera anda./pinterest.com Untuk membuat kolam ikan minimalis tak selalu memerlukan lahan luas. Dengan lahan yang terbatas pun Anda bisa menghadirkan sebuah kolam ikan sesuai selera anda./pinterest.com

Menghadirkan Kolam Ikan Minimalis

502 Kali

RUMAH190.com–Dalam desain sebuah rumah hunian, kehadiran kolam ikan dengan gemericik air menyuguhkan nuansa segar dan alami. Dengan lahan sempit pun Anda bisa tetap menghadirkan kolam di tengah keluarga dengan model dan desain yang dapat dikreasi sendiri.

Jika Anda kreatif, lahan kosong sekecil apapun di sekitar rumah bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Salah satunya menghadirkan kolam ikan minimalis di halaman depan atau belakang rumah, bahkan di dalam rumah sekalipun.

Kehadiran kolam ikan minimalis di rumah hunian bisa menjadi sarana rekreasi bagi keluarga Anda terlebih bila dilengkapi dengan ikan. Dengan melihat gerakan ikan yang meliuk-liuk di dalam air dan bunyi gemericik air bisa menghadirkan suasana santai, segar dan alami. Sehingga membuat Anda dan keluarga bahkan tamu-tamu Anda betah berlama-lama ngobrol dan bersantai di dekat kolam ikan.

Untuk membuat kolam ikan minimalis tak selalu memerlukan lahan luas. Dengan lahan yang terbatas pun Anda bisa menghadirkan kolam ikan seperti yang Anda dambakan. Seperti dilakukan keluarga Ludfi Ernowo yang berdiam di Perumahan Permata Puri No 37, Colomadu. “Kami memilih desain kolam ikan minimalis yang disesuaikan dengan konsep rumah induk. Ukurannya juga tidak terlalu luas, mengingat lahan untuk kolam ini juga terbatas,” ujar Nyonya Ludfi ketika dijumpai Rumah190.com di kediamannya.

Ny Ludfi mengaku model kolam tersebut didesain sendiri dari bahan batu candi. Bentuknya sederhana, berupa kotak dengan panjang sekitar 1,5 meter dan lebar sekitar satu meter. Sementara kedalamannya dari dasar hingga bibir kolam sekitar 50 sentimeter. Agar lebih alami, dibuat undakan di ujung kolam untuk menghadirkan gemericik air.

Kolam bergaya minimalis tersebut sengaja di ekspose di halaman depan rumah karena pertimbangan Feng Shui. “Sebetulnya kami ingin membuat kolam di halaman belakang. Namun karena pertimbangan unsur Feng Shui, katanya lebih baik membuat kolam di halaman depan rumah,” kata Ny Ludfi.

Konsep natural

Sementara di tengah kolam dibuat jalan setapak menuju teras depan rumah dan di sampingnya terdapat batu koral warna putih yang ditata rapi. “Dengan jalan setapak di tengah kolam itu saya ingin tamu yang datang bisa melewati kolam saat akan menuju ke dalam rumah, sehingga sambil berjalan mereka bisa sambil melihat-lihat ikan di dalam kolam,” jelas dia.

Tak beda halnya dengan yang dilakukan oleh keluarga Aryawan Santosa yang berdiam di Puri Gentan Deluxe No 18. Mengingat halaman depan rumahnya tak terlalu luas, Aryawan mendesain sendiri kolam dengan bentuk memanjang dengan pangkalnya dari lebar ke ujung yang menyempit.

Panjang kolam sekitar lima meter dan lebarnya satu meter yang makin ke ujung ukurannya makin menyempit sekitar 30 sentimeter. Kedalaman kolam ikan sekitar 50 sentimeter dari dasar ke bibir kolam. “Karena luas lahannya kecil, maka bentuk dan ukuran kolam ikannya disesuaikan dengan luas lahan,” ujar Aryawan.

Dia mengungkapkan, desain kolamnya memakai konsep natural, lebih berkiblat ke alam. Bahan pembuat kolam terbuat dari perpaduan batu candi dan batu kali. “Kolamnya kami desain sendiri dan konsepnya natural, memakai batu-batuan menyesuaikan dengan unsur dalam rumah kami yang banyak menggunakan ornamen dari batu-batuan,” kata dia.

Untuk menghadirkan suara gemericik air, ditempatkan tiga buah ornamen berbentuk cekungan yang dibuat berundak-undak sebagai air mancur sekaligus untuk tempat filter atau saringan air. Pada setiap ornamen air mancur tersebut ditaburkan batu-batu koral putih sebagai filter sehingga kesannya lebih alami. Mengenai perawatannya, Aryawan mengaku tidak terlalu rumit. “Biasanya kolam di kuras tiap dua pekan sekali dan setiap tiga hari sekali air kolam dibubuhi garam dan obat anti jamur agar ikannya tidak terkena penyakit,” jelasnya.  ( Aeranie Nur Hafnie)

 

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS