www.houzz.com www.houzz.com

Menghadirkan Taman Dalam Rumah

963 Kali

RUMAH190.COM Menghadirkan taman di dalam rumah, akan menenteramkan hati penghuni.
Selain lingkungan rumah terkesan alami, kesejukan ruangan akan menambah kedamaian penghuni rumah. Apalagi jika Anda, pecinta atau hobi merawat taman, kehadiran taman di dalam rumah menjadi mengasyikkan.

Ada beberapa hal yang meski diperhatikan untuk membangun taman di dalam rumah, utamanya adalah penyesuaian tempat. Proporsi ruang dengan luas taman yang akan dibuat harus seimbang akan menghadirkan taman yang benar-benar dapat memberikan kenyamanan.

Salah satu unsur taman adalah tanaman atau tumbuh-tumbuhan. Agar dapat bertahan hidup, tumbuhan memerlukan sinar matahari yang cukup. Di luar ruangan, cahaya matahari melimpah tetapi sebaliknya, pengadaan sinar matahari di dalam ruangan perlu disiasati.

Oleh sebab itu, taman di dalam rumah harus dibuat di tempat yang terdapat cukup sinar matahari. Atau harus dibuat ruang terbuka agar sinar bisa masuk. Salah satu pemborong asal Solo, Hari Purnomo mengatakan jika keduanya tak dapat dilakukan, maka tumbuhan basah (tanaman sungguhan) dapat diganti dengan tanaman kering atau tanaman plastik.

“Kalau tempatnya tidak memungkinkan, atau tidak mungkin dibuat pencahayaan, bisa dibuat taman kering,” kata dia saat ditemui Espos beberapa waktu lalu.

Memang, lanjutnya, dari jarak yang cukup dekat akan tampak perbedaan antara taman kering dengan taman basah. Namun secara substansial, fungsi taman akan tetap dinikmati. Dia juga menyatakan, tanaman yang disajikan di dalam rumah tak perlu terlalu banyak atau rimbun. Selain dapat merusak keindahan juga dapat mengacaukan focus of interest di dalam ruangan yang bersangkutan.

“Tempatkan beberapa tanaman saja, jangan terlalu rimbun karena akan mengganggu pemandangan,” imbuh alumni Fakultas Teknik UNS Solo ini.  – ( Akhmad Ludiyanto)

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS