Dengan memanfaatkan lahan kosong di bawah tangga membuat ruangan tersebut tidak hanya sekadar sebagai ruang yang ”terbuang”, tapi dapat digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat dan menambah keindahan ruangan./decoist.com Dengan memanfaatkan lahan kosong di bawah tangga membuat ruangan tersebut tidak hanya sekadar sebagai ruang yang ”terbuang”, tapi dapat digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat dan menambah keindahan ruangan./decoist.com

Mengoptimalkan Tempat Kosong Bawah Tangga

515 Kali

RUMAH190.COM–Lahan kosong yang ”terbuang” di bawah tangga dalam rumah hunian dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. Namun, tak semua lahan kosong di bawah tangga dapat dimanfaatkan. Hanya lahan kosong di bawah tangga berbentuk masif yang cocok dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lainnya.

Ketua Jurusan Desain Interior Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) Universitas Sebelas Maret Solo (UNS), Drs Rahmanu Widayat MSn menjelaskan, untuk tangga yang memang diekspos keindahannya oleh sang pemilik rumah, lahan kosong di bawahnya tidak cocok dimanfaatkan untuk keperluan lain. ”Tangga yang diekspos jika dipadukan dengan sesuatu yang lain justru akan merusak keindahan,” ujarnya ketika dijumpai Rumah190.com di ruang kerjanya.

Lebih lanjut dia menambahkan, ruang kosong di bawah tangga yang cocok dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lainnya adalah tangga yang bentuknya masif, biasanya terbuat dari cor beton yang di atasnya dilapisi kayu, parket (lantai terbuat dari kayu), karpet atau desain khusus lainnya. Agar tidak terlihat kotor dan kurang menarik, lahan kosong di bawah tangga masif dapat dimanfaatkan sebagai almari untuk menyimpan berbagai barang-barang, seperti perkakas dapur atau peralatan makan.

”Almari built in dapat didesain sedemikian rupa dengan memanfaatkan seluruh ruang kosong di bawah tangga sehingga tidak ada sisa rongga kosong. Bentuk almarinya mengikuti bentuk rongga kosong di bawah tangga, semakin ke bawah semakin menyempit. Sementara konsep almarinya menyesuaikan dengan tema ruangan di sekitarnya,” ujarnya.

Keindahan ruangan

Ruang kosong di bawah tangga juga dapat dimanfaatkan untuk menempatkan kridensa atau almari berbentuk pendek memanjang. Bentuk kridensa ada dua macam, yakni terbuka dan tertutup. Kridensa dapat digunakan untuk meletakkan koleksi buku atau koleksi pernik-pernik sang pemilik rumah.

”Dengan memanfaatkan lahan kosong di bawah tangga membuat ruangan tersebut tidak hanya sekadar sebagai ruang yang ”terbuang”, tapi dapat digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat dan menambah keindahan ruangan,” kata dia.

Sementara pada rumah bernuansa klasik, lahan kosong di bawah tangga bisa digunakan untuk menempatkan peti klasik. Keberadaan peti klasik tersebut dapat menjadi ornamen yang menjadi perhatian dan daya tarik ketika orang akan menaiki tangga.

Sementara pada rumah yang menggunakan konsep kembali ke alam, dapat memanfaatkannya sebagai taman kering di dalam rumah dengan menempatkan kotak untuk menempatkan batu-batu kecil. (anh)

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS