home-designing.com home-designing.com

Menyulap Loteng Jadi Ruang yang Nyaman

1671 Kali

RUMAH190.COM—Apakah Anda memiliki loteng di rumah Anda? Loteng adalah sebuah kata serapan yang diambil dari bahasa Hokkianlauteng yang memiliki arti secara harfiah sebagai tingkat teratas sebuah bangunan. Atau, dalam bahasa sederhana bisa diartikan sebagai bagian bawah atap rumah.

Meski bisa dibikin jadi ruang privat yang bagus,  sebagian besar rumah di Indonesia tampaknya masih belum banyak yang menggunakan area ini. Loteng kerap terlupakan atau hanya difungsikan sebagai tempat penyimpanan barang-barang tak terpakai.

drawhome.com

drawhome.com

Pakar desain interior dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Soepono Sasongko, mengatakan loteng adalah salah satu alternatif untuk menyiasati masalah kekurangan ruang di lantai I. Dulu, jarang sekali ada loteng karena lahan masih luas, ukuran rumah juga luas.

Umumnya, loteng dimanfaatkan sebagai kamar atau segala hal yang berbau privat. Biasanya, loteng dilengkapi dengan kamar mandi agar pengguna tak harus naik-turun tangga saat ingin ke belakang.

“Agar loteng jadi nyaman, sebaiknya ada void (bukaan langsung) antara lantai I dengan II. Dengan begitu orang yang ada di atas bisa melihat kondisi di bawah,” ujarnya. Sirkulasi udara menjadi lancar dengan adanya void. Efek psikologisnya, tak ada sekat antara lantai I dengan II sehingga pengguna merasa bagian atas menyatu dengan bagian bawah.

mikanoo.com

mikanoo.com

Sementara itu, pakar arsitektur dari Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Solo, Eny Krisnawati, mengatakan konsep pengolahan loteng agar nyaman disesuaikan dengan kepentingan pemilik rumah dan pengguna loteng tersebut. Hal itu akan berdampak pada konsep ruangan loteng.

Salah satu aspek yang harus diperhatikan adalah pemilihan furniture yang ditempatkan di loteng. Bentuk bisa bermacam-macam, namun Eny menyarankan agar pengguna memilih furniture yang bisa dibongkar-pasang dan memiliki berat relatif ringan.

“Kalau ruangan itu ingin dipakai untuk ruang baca, tempatkan kursi baca yang nyaman. Kalau ingin digunakan sebagai tempat santai, disesuaikan sesuai fungsi yang diinginkan,” terang dia, Selasa.

drawhome.com

drawhome.com

Eny mengatakan bagian loteng biasanya panas karena dekat dengan atap. Untuk meminimalisasi panas, ada baiknya memasang jendela model sliding atau bisa dibuka ke samping sehingga udara panas yang ada di dalam loteng bisa terbebas.

“Lebih baik lagi kalau ada balkon. Itu jika posisinya memungkinkan,” ujarnya.

Faktor pewarnaan juga berperan dalam menciptakan loteng nyaman. Ketua Program Studi Arsitektur UTP itu mengatakan cat tembok bisa dibikin terang atau cerah. Namun, jika pemilik kurang suka dengan hal itu, ia bisa memainkan warna yang ada pada furniture yang dipasang.

“Tapi semua kembali ke konsep awal yang diinginkan pemilik,” pungkasnya. (Ivan Andimuhtarom)

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS