http://rumahinstant.com http://rumahinstant.com

Merancang Rumah Kos

1506 Kali

RUMAH190.COM Keberadaan rumah kos, mengiringi keberadaan perusahaan ataupun sekolahan. Di lokasi-lokasi itu, akan bermunculan rumah-rumah kos guna menampung para karyawan, mahasiswa, atau siswa yang tidak ingin lelah atau karena rumah jauh. Dengan demikian, rumah kos bisa menjadi solusi tempat tinggal.
Rumah kos bisa juga menjadi salah satu lahan bisnis bagi orang yang memiliki lahan ataupun duit. Pilihannya pun sangat banyak mulai dari yang mewah, sederhana, yang berkamar banyak hingga yang hanya beberapa kamar saja. Mendirikan bangunan kos atau rumah yang kamar-kamarnya dihuni dengan sistem sewa ini memiliki prinsip yang sama dengan membangun rumah tinggal pada umumnya.

Bangunan harus didasari dengan fondasi yang kokoh dan disesuaikan dengan bangunan di atasnya. Atap juga harus kuat untuk melindungi bangunan di bawah dari air hujan dan terik matahari. Fasilitas yang harus tersedia pada kos-kosan adalah sumber air (PDAM/sumur) dan listrik. Sedangkan fasilitas lain seperti pesawat telepon kabel adalah sebagai pendukung saja.

Hal yang membedakan dengan rumah tinggal kebanyakan adalah pada ruangan atau kamar-kamar yang ada di dalamnya. Pada rumah kos-kosan, ruangan-ruangan dibuat cukup minimalis. Cukup ruang kamar tidur untuk ranjang dan almari, sedangkan kamar mandi sesuai perkembangan jaman ada yang di luar atau di dalam kamar. Agar nyaman, pemilik rumah kos, biasanya menyisakan lahan parkir, dapur dan ruang tamu.

Meski demikian, masing-masing pemilik rumah kos memiliki pertimbangan sendiri untuk menambah atau mengurangi fasilitas yang ada. Selain itu, rumah kos juga dibangun dengan memaksimalkan lahan yang ada. Tujuannya, untuk mengoptimalkan jumlah ruangan atau kamar, agar pendapatan yang diperoleh dari uang sewa juga lebih maksimal.

Seorang pemilik rumah kos di kawasan Kampus UNS, Jebres, Solo, A Ariyanto mengatakan, sebelum mendirikan bangunan, pertama-tama harus memperhatikan lokasi di sekitarnya. Artinya, rumah kos harus dekat dengan sasaran calon penghuninya. Misalnya dekat dengan kampus untuk melayani kebutuhan hunian bagi mahasiswanya, dekat dengan industri jika sasarannya adalah pekerja pabrik bersangkutan.

“Saya membangun kos-kosan karena di sini dekat dengan Kampus UNS. Sehingga ketika bangunan sudah jadi, yang mengisi juga mahasiswa UNS,” kata pemilik kos putra dengan 22 kamar saat ditemui Espos di kediamannya.

Dia mengaku membangun rumah kos satu lantai dengan kamar saling berhadapan itu, tidak hanya sekadar untuk tidur para penghuninya. Namun lebih dari itu, harus dipikirkan pula fasilitas-fasilitasnya. Oleh sebab itu, dia membangun sebuah paviliun di depan pintu masuk utama untuk menerima tamu. Bangunan ini juga dibangun dengan maksud agar pemilik atau masyarakat dapat mengontrol para tamu yang datang.

Aspek sosial

“(Paviliun) ini penting. Tamu perempuan yang datang bisa diterima di paviliun. Kalau tamunya, cowok bisa diterima di dalam kamar,” kata Ariyanto yang juga mengaku mempertimbangkan aspek sosial saat membangun kos-kosan.

Fasilitas lain yang menurutnya prinsip adalah tempat menyetrika dan dapur. Dia menerapkan aturan yang keras soal menyetrika bagi penghuninya. Yakni penghuni kos dilarang menyetrika di dalam kamar karena berisiko sangat tinggi jika lalai. Sedangkan dapur dibuat untuk memenuhi kebutuhan masak-memasak bagi mereka.

Terpisah, pemilik rumah kos di kawasan Kampus UMS Kartasura, Sukoharjo, Sukiman mengatakan dirinya mengembangkan bisnis rumah kos di tiga unit. Ketiga rumah kos miliknya berada di sekitar kampus dan memiliki seluas 15 m x 9 m. Setiap kamar berukuran 3 m x 2,5 m. Bagi Sukiman rumah kos harus dibangun beserta fasilitasnya. Selain dapur, teras untuk beristirahat, pihaknya juga menyediakan lahan untuk jemuran yang berada di halaman kamar.

“Membangun kos tidak terlalu kompleks. Sama dengan membangun rumah, cuma pemanfaatan lahannya dimaksimalkan dan fasilitasnya ditambah,” kata pria asal Slogohimo, Wonogiri tersebut. ( Akhmad Ludiyanto )

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS