merawat batu

Merawat Batu Paras

1140 Kali

Batu paras ini memiliki sifat lunak, sehingga mudah dibentuk menjadi berbagai model.
Karenanya pemahat tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk menyelesaikan pekerjaannya. Namun di balik sifatnya itu, batu paras juga memiliki beberapa kelemahan.

Salah satunya, di musim penghujan penempatan batu paras yang di luar ruangan akan diliputi dengan jamur. Biasanya jamur akan berwarna hijau atau gelap. Tentu hal itu akan mengurangi keindahan batu paras.

Salah satu hal yang menyebabkan batu paras menjamur dipengaruhi dari pori-pori yang besar dan menyatu dengan badan batu. Sehingga air akan mudah masuk ke dalam dan akan menyebabkan kelembaban yang memicu timbulnya jamur.

Untuk mengurangi risiko timbulnya jamur ini, Anda bisa menyiasati dengan memberikan pelapis (coating) pada permukaan batu paras. Pengrajin batu alam di Jalan Solo-Tawangmangu, Jaten Karanganyar, Jeki Rahmanto mengatakan coating, sangat penting untuk melindungi batu paras. “Untuk melindungi agar batu paras ini terhindar dari jamur, permukaan dilapisi dengan cairan pelindung atau coating,” kata dia saat ditemui Espos beberapa waktu lalu.

Menurutnya, selain melindungi dari jamur, cairan bening ini juga berguna untuk melindungi warna batu paras agar tetap terang.

“Cairan ini menutup pori-pori sekaligus melapisi batu sehingga warnanya juga tetap terjaga.”

Cara menggunakannya cukup sederhana, yakni cukup menggunakan kuas bersih kemudian cairan coating diratakan di seluruh permukaan batu. Untuk memperoleh hasil maksimal, jangan campuri coating dengan cairan apapun.

“Cairan ini tidak perlu dicampuri apa-apa, tidak seperti cat yang perlu ditambahi minyak.”

Cairan coating ini banyak tersedia di pasaran dengan harga variasi antara Rp 50.000-Rp 60.000 per kaleng (isi satu liter). Bagi yang tidak suka menggunakan coating, perawatan batu paras bisa dilakukan dengan cara mencuci. Namun saat mencuci pantang menggunakan sikat kawat atau bahan bertekstur keras. Sikat kawat dapat mengikis permukaan batu sehingga akan merusak keindahan batu. ( Akhmad Ludiyanto)

RELATED POST FOR CATEGORY

Eksterior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS