perabot kayu

Meremajakan Perabot Kayu

774 Kali

Jika Anda merawat rumah, hendaknya memperhatikan seluruh perabot termasuk perabot kayu.
Mulai dari furnitur hingga bagian jendela dan pintu. Apabila, Anda menemukan permukaan perabot kayu yang telah mengelupas, tak perlu terburu untuk membuang atau mengganti. Cukup dengan mengecat ulang maka perabot Anda akan terlihat seperti baru.

Lama kelamaan perabot kayu di rumah Anda akan memudar warnanya akibat terpaan udara, sinar matahari maupun kelembaban. Mengecat perabot kayu terlihat mudah, namun tidak bisa dilakukan secara sembarang. Seperti dikutip dari http://www.rumah-ku.com, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan hasil maksimal:

* Pada perabot kayu yang sudah usang, biasanya cat yang lama akan mengelupas. Setelah permukaan yang lama diratakan, haluskan dengan ampelas agar cat lebih meresap pada permukaan yang halus sehingga memberi hasil yang lebih baik.

* Bila terdapat lubang di permukaan kayu, Anda dapat menutupnya dengan menggunakan dempul khusus kayu, biarkan mengering kemudian diampelas ulang untuk mendapatkan permukaan yang halus.

* Pergunakan juga kuas dengan ukuran yang sesuai, karena tidak semua kuas bisa digunakan di tiap permukaan. Kuas ukuran 1,5 inci dapat digunakan untuk permukaan yang kecil atau pada bagian sudut dan lipatan, sedangkan kuas berukuran 2 inci dapat digunakan untuk permukaan yang lebih besar. Dengan kuas yang tepat tentunya akan memudahkan Anda saat melapisi permukaan kayu.

* Bentuk kuas juga memiliki fungsi yang berbeda. Kuas dengan bulu kecil yang kaku dibuat untuk mengecat permukaan yang kecil atau bagian sudut. Sementara itu, kuas berbentuk persegi panjang digunakan untuk permukaan yang lebih lebar. Untuk hasil yang lebih rapi, gunakanlah roller terutama pada bagian permukaan yang lebar, seperti pintu yang datar.

* Perhatikan urutan bagian saat mengecat. Saat mengecat sebaiknya dari bagian permukaan horizontal terlebih dulu, kemudian permukaan vertikal dan dimulai dari bagian yang paling dekat dengan langit-langit. ( Triyanto Herry S )

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS