Untuk kolam di rumah yang berkonsep kembali ke alam, dapat menggunakan ornamen dari bahan batu-batuan./beautyhomeideas.com Untuk kolam di rumah yang berkonsep kembali ke alam, dapat menggunakan ornamen dari bahan batu-batuan./beautyhomeideas.com

Nuansa Alami pada Kolam Ikan

1408 Kali

RUMAH190.COM–Kehadiran kolam ikan di rumah hunian selain dapat menghadirkan suasana alami, juga bisa menghadirkan rasa ketenangan hati bagi para penghuni rumah dan bisa menjadi representasi hobi dari sang pemilik rumah yang suka memelihara ikan.Dalam perkembangannya kini, tidak masalah menghadirkan kolam di rumah yang memiliki lahan sempit sekali pun.

Bahkan sekarang ini tengah menjadi tren menghadirkan kolam ikan pada rumah-rumah berkonsep minimalis. Dosen Jurusan Desain Interior Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) UNS Solo, Soepono Sasongko mengatakan, sekarang ini tidaklah penting terlalu memusingkan bentuk kolam yang akan ditempatkan di lahan terbatas. “Yang paling penting adalah bagaimana cara mengefisienkan lahan untuk dibangun kolam di atasnya,” ujar Soepono ketika dijumpai Rumah190.com di ruang kerjanya.

Bentuk kolam ikan pada lahan terbatas dapat dikreasikan sendiri, bisa berbentuk memanjang dan ditempatkan mepet dengan bangunan rumah. Bisa juga kolam ikan dibangun memanjang hingga ke bawah teras rumah. Soepono menambahkan, kolam ikan yang dibangun di lahan terbatas sebaiknya kolam dangkal atau kolam dengan ketinggian yang tak terlalu dalam, minimal kedalamannya 30 sentimeter.

“Untuk lahan terbatas sebaiknya dibangun kolam dangkal. Kolam seperti ini memiliki beberapa kelebihan, antara lain tidak mudah kotor dan mudah dibersihkan. Selain itu ikan yang ada di kolam jadi mudah dilihat. Kolam dangkal juga tidak merusak struktur fondasi rumah,” jelas Soepono.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahan untuk membangun dasar kolam ikan dapat menggunakan cor semen, cor rabat atau cor biasa dengan dilapisi keramik. Namun jika dilapisi keramik kesannya kurang alami, jadi agar bisa memunculkan kesan alami yang paling baik adalah menggunakan cor rabat.

Agar kolam ikan memiliki nilai estetis tambahan, bisa dihadirkan ornamen-ornamen seperti menempatkan batu kali, batu koral di samping kanan maupun kiri kolam atau di sekeliling kolam ikan tersebut.

Untuk menambah nilai estetis kolam juga bisa dihadirkan ornamen-ornamen berupa tempayan yang digunakan untuk mengalirkan air, sehingga menghadirkan suara gemericik air yang bisa membuat suasana tenang dan alami. “Untuk penambahan ornamen ini tergantung dengan selera sang pemilik rumah.”

Untuk kolam di rumah yang berkonsep kembali ke alam, dapat menggunakan ornamen dari bahan batu-batuan. Sementara untuk rumah berkonsep minimalis bisa menggunakan ornamen sederhana, bahkan bisa tanpa ornamen kolam, jadi pada tepi kolam bisa ditambah list. Untuk menghadirkan suara gemericik air, bisa dibuat trap atau undak-undakan di kolam untuk mengalirkan air. Mengenai perawatannya adalah dengan menguras kolam ikan secara berkala sesuai kebutuhan. (anh)

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS