www.rumahminimalisdesign.com www.rumahminimalisdesign.com

Optimalkan Penempatan Rak Buku Anda

1093 Kali

RUMAH190.COM Kehadiran perpustakaan pribadi dalam rumah hunian tak terlepas dari kondisi ruangan yang ada. Namun sesuatu yang disebut pribadi sudah barang tentu juga tak terpisah dari selera masing-masing individu, oleh karenanya penataan perpustakaan pribadi sangat bergantung pada selera sang empunya rumah. Dosen Desain Interior Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) UNS Solo, Soepono Sasongko mengatakan, pertimbangan penempatan perpustakaan bisa berdasar pada orientasi ruangan yang ingin digunakan. Perpustakaan bisa ditempatkan di ruangan yang memiliki view ke luar ruangan. Sementara bagi yang ingin membaca dengan nyaman tanpa gangguan dari luar, perpustakaan bisa ditempatkan di ruang tertutup.

”Dengan ruangan tertutup, seseorang tersebut bisa membaca sambil mendengarkan musik dan tidak mendapatkan gangguan dari luar sehingga lebih konsentrasi membaca,” ujar Soepono saat ditemui Espos di ruang kerjanya. Apabila lahan rumah terbatas, penempatan perpustakaan tak harus berada dalam satu lokasi khusus. Perpustakaan bisa digabungkan dengan ruang keluarga yang memang berfungsi sebagai pusat kegiatan seluruh keluarga. Namun bagi yang lahan rumahnya luas, tentunya tak bermasalah menghadirkan perpustakaan di ruangan khusus.

Mengenai pemilihan rak buku, sebaiknya digunakan rak dengan ukuran yang mengoptimalkan dinding. Rak bisa ditempelkan dari dinding bawah hingga ke plafon, sehingga efisien tempat. Sementara ruang bacanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera sang pemilik rumah.

Dosen yang menyelesaikan S1 dan S2nya di Institut Teknologi Bandung (ITB) ini menambahkan, beberapa furnitur yang perlu ada di perpustakaan pribadi antara lain meja dan kursi. ”Sebaiknya sih menghindari menempatkan terlalu banyak furnitur di dalam perpustakaan,” ujar dia.

Dia menambahkan, idealnya ruangan perpustakaan menggunakan air conditioner (AC) untuk menghindari debu dan menghindari kelembaban yang bisa membuat buku berjamur. Namun jika ruangan tidak ber-AC, sebaiknya buku-buku diletakkan dalam rak dengan penutup kaca dan perawatan buku agar tidak berjamur bisa menggunakan obat anti jamur seperti silica gel yang diletakkan di almari buku tersebut.

Terkait dengan warna cat dinding, bisa digunakan warna-warna kayu atau natural, seperti abu-abu, hitam dan putih. ”Jika bisa dihindari pengaplikasian cat dengan warna mencolok pada dinding, karena akan membuat ruangan menjadi terlalu ramai, mengingat warna sampul buku bacaan sendiri sudah bervariasi.” ( anh )

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS