Ornamen dari bahan cetak biasanya dipasang untuk menyiasati bidang kosong pada rumah agar tidak terkesan kaku. Pemasangan ornamen membuat tampilan rumah menjadi lebih artistik dan sedap dipandang./dok Ornamen dari bahan cetak biasanya dipasang untuk menyiasati bidang kosong pada rumah agar tidak terkesan kaku. Pemasangan ornamen membuat tampilan rumah menjadi lebih artistik dan sedap dipandang./dok

Ornamen Cetak Membuat Rumah Indah dan Artistik

881 Kali

RUMAH190.COM–Memperindah tampilan rumah dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah ‘dengan memasang ornamen dari bahan cetak sebagai pemanis yang dapat ditempatkan sebagai dekorasi eksterior maupun interior rumah.

Ornamen dari bahan cetak biasanya dipasang untuk menyiasati bidang kosong pada rumah agar tidak terkesan kaku. Pemasangan ornamen membuat tampilan rumah menjadi lebih artistik dan sedap dipandang. Tak hanya itu, pemasangan ornamen juga dapat mempengaruhi tema dan aksen bangunan rumah.

Seperti yang dilakukan oleh Zakaria, pemilik rumah No 19 Perumahan Puri Gentan Deluxe Asri, yang memilih ornamen dari batu paras berbentuk pahatan bunga matahari sebagai pemanis ventilasi rumahnya yang mengambil konsep Mediterania.

”Agar ventilasi udara tak hanya berbentuk kotak biasa dan supaya rumah terlihat lebih indah, saya memutuskan untuk memasang ornamen dari batu paras pada lubang keluar masuknya udara yang terletak di atas jendela depan rumah dan pada dinding di atas garasi,” ujar Zakaria saat ditemui Espos di kediamannya.

Sementara pemilihan ornamen dengan pahatan motif bunga matahari sendiri dilakukan karena menuruti keinginan isterinya. ”Agar terkesan lebih feminim, isteri saya meminta kisi-kisi rumah ditempeli ornamen berbentuk bunga,” kata dia.

Zakaria juga menempatkan ornamen berbentuk bulat dan bermotif dua kuntum bunga lengkap dengan dahan dan beberapa daun pada relief atau bidang datar di dinding luar rumah. Ornamen yang juga dari batu paras tersebut tak hanya semakin memperindah ekseterior rumah, tapi juga bermanfaat sebagai sirkulasi udara pada atap rumahnya.

”Kebetulan di kamar mandi ada exhaust yang berhubungan dengan ruang kosong antara plafon dengan atap rumah. Agar ventilasi pada dinding antara plafon dan atap rumah tidak melompong, saya menempatkan ornamen tersebut sehingga tampak indah dilihat dari luar,” jelas dia.

Selain ornamen dari batu paras, ada pula ornamen dari bahan dasar gipsum yang dapat menjadi pilihan. Seperti dilakukan Agus yang memasang ornamen dari gipsum pada eksterior dan interior rumahnya di kawasan Mangkuyudan. Ornamen dari gispsum bermotif daun tersebut dilapisi cat warna kuning emas agar terlihat lebih mewah.

Model ornamen

Ornamen dari batu paras sendiri saat ini tengah populer digunakan oleh masyarakat. Selain bentuk ornamen ini sangat beragam, harga ornamen dari bahan batu paras juga relatif terjangkau oleh masyarakat dari semua kalangan.

Karyawan Toko Batu Alam Tunas Karya yang berlokasi di Jl Ahmad Yani, Irawan menuturkan ada berbagai ukuran dan model ornamen batu paras yang dapat dijadikan pilihan. Salah satu bentuk ornamen yang banyak dicari adalah loster. ”Biasanya loster ini dipasang pada ventilasi rumah di atas jendela rumah atau garasi. Pemasangan ornamen semacam ini membuat rumah terlihat lebih indah dilihat. Corak pahatan loster sangat beragam, mulai motif kembang satu, kembang lima, motif variasi kembang dan daun hingga ceplok bercorak bunga matahari, baling-baling dan mawar,” tutur Irawan.

Ukuran loster bervariasi, mulai dari ukuran terkecil 20×20 sentimeter hingga 40×40 sentimeter. Harga loster sendiri berkisar antara Rp 35.000/biji hingga Rp 85.000/biji. Irawan menyebutkan ada pula ornamen dari batu paras yang dipasang pada list plang rumah. Bentuk ornamen ini memanjang dengan ukuran 10×60 sentimeter per bijinya. Harga ornamen yang dipahat bercorak daun dan ukiran tersebut Rp 60.000 per biji.

Irawan menambahkan ada ornamen yang kerap dipasang sebagai hiasan pada dinding rumah. Ukuran ornamen jenis ini juga beragam, mulai dari yang terkecil berukuran 30×60 sentimeter, ukuran sedang 40×60 sentimeter dan ukuran besar 50×80 sentimeter. Motif pahatannya sendiri juga bervariasi, mulai dari model pahatan bunga lotus, teratai hingga burung merak.

”Bentuknya tidak hanya kotak, tapi juga ada yang oval, bundar atau sesuai selera pembeli. Coraknya pun dapat menyesuaikan dengan keinginan pemesan. Ornamen jenis ini biasanya dipasang pada bidang kosong di dinding ruang keluarga, ruang tamu maupun di dinding taman,” kata dia. (Aeranie Nur Hafnie)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS