Mariyana Ricky Tanaman mawar di pekarangan rumah di Dusun Sidodadi, Desa Jombong, Kecamatan Cepogo, Boyolali. Mariyana Ricky Tanaman mawar di pekarangan rumah di Dusun Sidodadi, Desa Jombong, Kecamatan Cepogo, Boyolali.

Pagar Tanaman: Hindari Pohon Akar Tunjang

327 Kali

 

Pengamat green design dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Silfia M. Aryani, menyarankan sebaiknya menghindari tanaman berakar tunjang dalam membuat pagar hidup. Penggunaan jenis tanaman ini sebagai pagar berpotensi merusak konstruksi rumah.

Membuat pagar hidup membutuhkan tanaman dalam jumlah yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, upayakan agar tidak salah memilih jenis tanaman. Jika salah pilih, bukan untung yang didapat melainkan buntung karena harus mengeluarkan biaya besar untuk memperbaiki kerusakan konstruksi rumah.

Banyak jenis tanaman yang bisa dijadikan referensi pembuatan pagar hijau. Namun jenis tanaman bambu jepang belakangan sangat digemari karena cocok dengan model rumah minimalis yang sedang tren saat ini. Bentuknya yang lurus memberikan kesan vertikal atau tinggi. Bambu jepang bisa langsung ditanam di tanah tanpa perlu batuan pot. Penggunaan pot berlaku untuk tanaman kecil atau merambat. “Khusus tanaman merambat atau menjalar sebaiknya dikombinasikan dengan pagar besi supaya tampilannya bisa lebih menarik,” papar Silfia, beberapa waktu lalu.

Bunga melati atau mawar juga bisa dijadikan pagar hidup. Supaya bisa berdiri dengan tegak, dua jenis tanaman ini membutuhkan elemen lain seperti besi atau kayu. Tanaman pakis sudah banyak digunakan sebagai pagar hidup. Tanaman ini biasa dikombinasikan dengan pot permanen di atas beton, namun ada pula yang ditanam langsung pada tanah.

Untuk membuat pagar hidup terlihat rapi, sebaiknya dilakukan pemangkasan tanaman secara berkala. Pemangkasan dilakukan untuk mencegah munculnya tunas-tunas baru yang bisa tumbuh kelewat subur di sekitar pagar. Pemangkasan juga bertujuan membentuk tanaman terlihat rapi dan sedap dipandang. (Moh. Khodiq Duhri/JIBI)

RELATED POST FOR CATEGORY

Uncategorized

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS