drawhome.com drawhome.com

Pagar Unik Bikin Wajah Rumah Makin Asik

3889 Kali

RUMAH190.COM—Pagar adalah instrumen yang mempengaruhi perwajahan rumah hunian.  Pemilihan bahan dan bentuk pagar akan mempengaruhi perwajahan rumah tersebut. Perkembangan desain arsitektur memunculkan inovasi bentuk dan jenis pagar yang variatif. Berbagai pagar unik bisa menjadi alternative bagi Anda yang ingin menciptakan citra unik dari bangunan rumah Anda.

Umumnya pagar rumah terbuat dari bata dan adonan pasir dengan semen. Ada pula yang menggunakan besi, kayu atau kombinasi di antara keduanya.

youtube.com

youtube.com

Salah satu pagar unik yang bisa Anda tiru adalah pagar dari akuarium seperti yang dilakukan seorang pengusaha asal Turki. Dilansir dari liputan6.com, seorang pengusaha asal Turki, Mehmet Ali Gokceoglu, mengubah konsep pagar vila mewah miliknya yang konvensional menjadi unik. Ia mengganti pagar logam yang mengelilingi villa dengan jajaran akuarium, total sepanjang 50 meter.  Yang diklaim satu-satunya di dunia.

Beberapa ikan jenis barramundi, kurisi, mullet, belut, dan gurita adalah beberapa spesies Laut Aegea yang hidup di pagar akuarium milik Mehmet. Ada lebih dari 1.000 ikan yang ada di sana.

Membangun struktur akuarium transparan sebagai pagar, bukan hal sulit. Tantangannya justru bagaimana menghubungkan pagar akuarium itu dengan pipa yang tertimbun tanah sepanjang 400 meter yang terhubung dengan Laut Aegea. Fungsi pipa adalah untuk memudahkan pergantian air juga menjaga kebersihannya agar hewan yang tinggal di akuarium unik itu tak sesak nafas oleh kotoran yang menggenang.

verticalstore.co

verticalstore.co

Bahan lain untuk membuat pagar unik adalah botol bekas. Botol-botol itu bisa disusun sedemikian rupa sehingga mampu membentuk pagar yang unik dan artistik. Pagar yang terbuat dari botol bekas bisa terlihat luar biasa di bawah sinar matahari. Dalam membuat pagar seperti itu dibutuhkan kawat baja, galah tipis dan beberapa buah permata kecil sebagai hiasan. Selain membuat pagar Anda tampil menarik, dengan memanfaatkan botol bekas sebagai pagar, maka Anda sudah berkontribusi untuk menjaga lingkungan.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan bambu sebagai pagar. Dengan kreasi yang unik, bambu yang oleh sebagian orang dianggap material kurang bermutu bisa berubah menjadi pagar yang cantik dan unik. Banyak kreasi bamboo yang bisa diaplikasikan sebagai pagar rumah, misalnya model tangga betung, model minimalis dan model pagar untuk taman.

drawhome.com

drawhome.com

Pakar desain dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Ken Sunarko, mengatakan secara prinsip pagar seharusnya memenuhi empat faktor, yaitu fungsi, bahan, teknik konstruksi dan estetika. Jika Anda ingin memiliki pagar antimainstrim, Anda bisa menggunakan barang-barang bekas seperti kulit kayu, potongan kayu, potongan keramik, besi balok bekas dll. Benda-benda itu bisa digunakan untuk membuat pagar dengan nilai estetika tinggi dengan syarat sang creator adalah orang yang memiliki jiwa seni yang tinggi.

“Bahan-bahan itu jelas memiliki harga yang lebih murah tetapi berkualitas baik. Semua barang bekas bisa digunakan,” ujarnya.

luxurybusla.com

luxurybusla.com

Alternatif lain adalah menggunakan tanaman seperti tanaman jenis sulur. Tetapi pemilik rumah hendaknya memperhatikan paparan matahari agar tanaman tetap sehat.

Ada pula pagar jenis baru yang memanfaatkan campuran fiberglass dan resin. Pagar itu memang memiliki harga lebih mahal. Tetapi kualitas dan costimasasinya lebih baik. (Ivan Andimuhtarom)

RELATED POST FOR CATEGORY

Eksterior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS