youtube.com youtube.com

Pakailah Warna Dasar untuk Interior

760 Kali

RUMAH190.COM Pengecatan atau memberi warna pada dinding rumah, merupakan selera masing-masing pemiliknya. Meski demikian ada aspek-aspek yang perlu diperhatikan agar penampilan ruangan menjadi lebih nyaman. Mengolah pewarnaan dinding dapat memberikan kesan tersendiri pada setiap ruangan.Misalnya, ruangan dapur atau kamar tidur diberi warna yang cerah maka akan membuat sebuah ruangan sempit terasa lebih lega. Sebaliknya, pemberian warna yang gelap akan membuat ruangan menjadi tampak sumpek.

Seorang perencana rumah asal Sukoharjo, Taufik Hidayat mengatakan cat harus disesuaikan dengan tema yang ada di ruangan bersangkutan. Artinya, apakah di dalam ruangan itu terdapat perabotan yang diberi penekanan khusus. Jika demikian, maka dinding cukup dicat polos dengan warna yang kontras dengan penekanan itu. Ruangan yang dibuat bernuansa kuno dengan menempatkan perabotan berbahan kayu tua dengan warna orisinal, maka dinding dicat dengan warna netral. “Benda-benda kuno itu akan ditonjolkan untuk dinikmati. Oleh sebab itu, jangan ada penonjolan-penonjolan lain dalam ruangan itu, termasuk warna dinding,” kata dia saat ditemui Rumah190.com beberapa waktu lalu.

Warna dinding yang terlalu banyak atau ramai akan mengganggu penonjolan benda-benda itu. Selainitu, pemilihan warna juga harus direncanakan sejak awal. Jika tidak jeli, maka dinding akan bertabrakan dengan warna perabot lainnya. Warna hijau, jelasnya, biasanya agak sulit dipadukan dengan warna lain. Jadi jika sebuah rumah ingin semuanya bernuansa hijau, harus ditentukan dari awal. Dalam situs www.eramuslim.com disebutkan, untuk interior sebaiknya mencari warna dasar dahulu. Seluruh ruangan diberi warna krem (warna netral yang mudah di padankan dengan warna lain), kemudian tinggal menentukan spotdinding mana saja yang akan diwarnai dengan warna khusus. Seperti ruang keluarga, areal tempat dinding sandaran televisi diberi warna cokelat tua. Lalu ruang tamu, areal dinding tempat gantungan lukisan atau kaligrafi diberi warna merah bata. Kemudian ruang makan, areal tempat dinding pantry atau rak makan diberi warna hijau tua atau biru tua. Keadaan ini tetap takmengubah keseluruhan warna dasar yang krem tadi.  ( Akhmad Ludiyanto)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS