Syarat utama pemasangan wallpaper yakni dinding harus kering./dok Syarat utama pemasangan wallpaper yakni dinding harus kering./dok

Pemasangan dan Perawatan wall paper

296 Kali

RUMAH190.COM Pemasangan dan perawatan, dua hal itulah yang menjadi faktor utama agar wallpaper dapat bertahan lama hingga bertahun-tahun. Kedua hal tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

Sebelum memutuskan memasang wallpaper untuk mempercantik interior rumah, ada baiknya mendiskusikan dahulu kondisi dinding yang akan ditutup. Menurut Yenny, konsultan Toko Gajah sebuah toko yang menyediakan wallpaper, pemeriksaan dinding diperlukan untuk memastikan wallpaper dapat terpasang dengan baik. Agar menempel kuat, wallpaper harus ditempel pada dinding yang kering atau tidak basah atau lembab.

”Biasanya saya tidak menyarankan pemasangan wallpaper pada dinding basah atau lembab. Karena hal tersebut menyebabkan timbulnya jamur pada wallpaper dan akhirnya merusaknya,” ujar dia.

Lebih lanjut Yenny mengatakan ada juga yang nekat memasangnya dengan terlebih dahulu melapisi dinding dengan tripleks. Meski demikian, ia belum membuktikan sampai berapa lama ketahanan pemasangan wallpaper dengan cara seperti itu. Namun menurut dia, cara pemasangan yang demikian memiliki ketahanan kurang dibandingkan dengan pemasangan dengan cara yang dianjurkan.

Hal senada diungkapkan salah seorang karyawan Davin Dekor, Kesi. Ia mengatakan syarat utama pemasangan wallpaper yakni dinding harus kering. Selain itu, pihaknya mengatakan jika dinding telah dilapisi oleh cat minyak maka harus dibersihkan dahulu. ”Jika digunakan cat tembok biasa masih bisa, sedangkan untuk cat minyak biasanya lemnya kurang bisa merekat,” tutur dia.

Selain itu, dinding juga harus dipastikan dalam kondisi baik. Maksudnya jika terdapat retakan-retakan harus dilakukan pendempulan terlebih dahulu. Setelah tahap pemasangan selesai, agar wallpaper lebih tahan lama perlu dilakukan perawatan rutin. Menurut Kesi perawatan dapat dilakukan dengan mengelapnya saja. Sedangkan Yenny mengatakan untuk beberapa bahan yang tahan terhadap air dapat dilakukan dengan mencucinya.

”Disikat dengan menggunakan sedikit air,” jelasnya. Ada pula yang mengatakan untuk mengangkat debu-debu yang menempel pada wallpaper dapat digunakan vacuum cleaner. Meski demikian kesemuannya itu tergantung dari bahan wallpaper yang terpasang di rumah Anda. (m49)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS