car port

Konsultasi Desain Rumah: Penambahan Carport pada Rumah Kecil Berlantai Dua

965 Kali

Rubrik ini diasuh oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

RUMAH190.COM–Bapak atau Ibu pembina Konsultasi Griya di Solo Pos, Rumah saya berdiri diatastanah seluas 4×17 m2 , dua lantai. Lantai pertama terdiri atas ruang tamu, kamartidur utama, dapur dan kamar mandi/WC, lantai 2 terdiri dari 2 kamar tidur danjemuran. Karena berada di area perkampungan keluarga maka tidak ada batas tanahantara rumah saya dengan para tetangga. Selama ini saya merasa kesulitan ketikaharus menyimpan kendaraan (motor roda dua) atau mobil yang rencananya akan saya beli. Bagaimanakah renovasi rumah yang efektif tanpa harus mengurangi ruang yang sudah ada tetapi memungkinkan adanya tempat untuk menyimpan motor atau mobil. Demikianlah pertanyaan saya terima kasih atas bantuannya.

Wassalamu,alaikum Wr.Wb

Khusnul, Bekonang

Yang Terhormat Ibu Khusnul di Bekonang,melihat dari kondisi existing yang ada maka kami mengusulkan disain sebagai berikut : Kamar tidur utama dipindahkan ke lantai atas, digantikan menjadi ruang tamu, sehingga posisi fasade rumah mundur 2 meter sehingga pada bagian depan dari arah batas tanah sampai muka rumah 4 meter. Dengan posisi seperti ini maka pada bagian

muka dapat dibuat carport dan teras kecil menuju ke ruang tamu. Renovasi rumah ini menjadikan pada lantai 1 digunakan untuk carport, teras, ruang tamu, ruang tv, dapur dan KM/WC, kemudian lantai 2 digunakan untuk ruang tidur utama, ruang santai yang menghadap ke depan dan 2

ruang tidur existing serta jemuran. Bentuk dibuat dengan gaya minimalis dan atap carport dibuat dengan bahan transparan sehingga memberi kesan leluasa. Demikian Ibu Khusnul semoga sesuai dengan apa yang ibu inginkan.

RELATED POST FOR CATEGORY

Konsultasi

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS