Penciptaan karakter rumah etnik Jawa bisa dilakukan lewat beragam cara, seperti pemilihan jenis perabotan yang disesuaikan dengan nuansa Jawa yang ingin dihadirkan, pemilihan bentuk dan gaya interior atau mebel atau elemen interior, pemilihan detil ornamen dan finishing elemen interiornya.http://yogyaproperty.com Penciptaan karakter rumah etnik Jawa bisa dilakukan lewat beragam cara, seperti pemilihan jenis perabotan yang disesuaikan dengan nuansa Jawa yang ingin dihadirkan, pemilihan bentuk dan gaya interior atau mebel atau elemen interior, pemilihan detil ornamen dan finishing elemen interiornya.http://yogyaproperty.com

Penataan Perabot Pada Rumah Gaya Etnik Jawa Minimalis

4407 Kali

RUMAH190.COM–Ketika terbentur pada lahan rumah yang terbatas, menuangkan nuansa etnik, dalam hal ini nuansa Jawa, pada rumah gaya etnik Jawa tak harus selalu mengikuti pola tatanan pakem rumah Jawa. Dengan kondisi lahan terbatas, rumah bisa dibuat sefungsional mungkin dengan menghadirkan berbagai ciri rumah gaya etnik Jawa di dalamnya.

Dosen Desain Interior Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) UNS Solo, Ken Sunarko mengungkapkan, pengaplikasian pola tatanan ruang dalam rumah gaya etnik Jawa dengan lahan terbatas bisa disesuaikan dengan kebutuhan anggota keluarga. Sementara dengan kondisi lahan yang terbatas, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menampilkan nuansa rumah gaya etnik Jawa minimalis.

Antara lain dengan menampilkan nuansa rumah gaya etnik Jawa lewat penciptaan karakter atau suasana rumah gaya etnik Jawa.

Untuk pemilihan jenis perabot rumah gaya etnik Jawa, Ken menyarankan, meski perabotan tersebut buatan baru, sebaiknya mengacu pada mebel berbentuk kuno yang menampilkan karakter Jawa. ”Sebisa mungkin dihindari perabotan kontemporer, karena nanti bisa mengganggu keinginan pemilik rumah untuk menciptakan rumah bernuansa Jawa,” jelas Ken saat berbincang dengan Rumah190.com di kediamannya.

Ken yang juga desainer interior hotel ini menambahkan, mengingat lahan terbatas, dimensi perabotan yang dipilih juga harus diperhatikan. Sebaiknya dihindari pemilihan perabotan berukuran besar. Jika ingin menghadirkan sofa dan tempat tidur bernuansa Jawa, sebaiknya dipilih yang bentuknya ringan.

”Sebenarnya mebel kuno tak selalu mempunyai dimensi besar. Dengan lahan terbatas, bisa dipilih perabotan yang bentuknya ringan dan fungsional namun masih menampilkan karakter Jawa. Pemilihan mebel juga tak perlu semuanya seragam, bisa dipadukan tergantung kreativitas sang pemilik rumah,” ujar Ken.

Sementara bentuk dan gaya elemen interior rumah gaya etnik Jawa antara lain bisa diciptakan lewat pemilihan lantai maupun kaca jendela. Lantai yang kerap digunakan pada rumah Jawa tempo dulu atau kaca patri bernuansa kuno bisa dipilih untuk menghadirkan nuansa Jawa dalam rumah.

Detil ornamen juga bisa dipilih yang bernuansa Jawa, seperti ornamen berupa ukir-ukiran, cetak maupun gambar. Sementara finishing mebel atau elemen-elemen interiornya bisa dipilih yang penyelesaiannya menggunakan pelitur atau gaya sungging prada.  (anh)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS