Seperti ruangannya yang multifungsi, sebisa mungkin dipilih perabot yang multifungsi juga, di mana satu perabot memiliki beberapa fungsi. Misalnya, sofa yang didesain sedemikian mungkin agar bisa digunakan untuk tempat tidur atau skesel yang memiliki dua muka sehingga selain bisa digunakan untuk penyekat juga bisa difungsikan untuk rak buku dan menempatkan benda-benda pajangan/pinterest.com Seperti ruangannya yang multifungsi, sebisa mungkin dipilih perabot yang multifungsi juga, di mana satu perabot memiliki beberapa fungsi. Misalnya, sofa yang didesain sedemikian mungkin agar bisa digunakan untuk tempat tidur atau skesel yang memiliki dua muka sehingga selain bisa digunakan untuk penyekat juga bisa difungsikan untuk rak buku dan menempatkan benda-benda pajangan/pinterest.com

Penataan Ruang Tamu Multifungsi

1466 Kali

RUMAH190.COM–Kehadiran ruang tamu multifungsi dalam sebuah rumah hunian merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk menyiasati lahan yang terbatas dan usaha memaksimalkan lahan yang ada. Mengefisienkan ruang merupakan salah satu hal yang kerap dilakukan oleh mereka yang memiliki rumah dengan lahan terbatas.

Dosen Desain Interior Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) UNS Solo, Anung B Studyanto, mengatakan memanfaatkan satu ruangan untuk beberapa fungsi terkait dengan kebutuhan ruang dan gaya hidup sang pemilik rumah. ”Memaksimalkan ruang bisa dilakukan dengan cara menggabungkan dua atau lebih ruang menjadi satu ruangan yang difungsikan untuk kegiatan beragam,” ujar Anung ketika berbincang dengan Espos di ruang kerjanya.

Anung yang juga menjabat sebagai sekretaris jurusan Desain Interior ini menambahkan, untuk menyiasati lahan terbatas, teras juga bisa difungsikan sebagai tempat untuk menerima tamu yang sifatnya hanya mampir sebentar. Dengan begitu ruang tamu bisa digunakan untuk kepentingan lainnya seperti untuk ruang keluarga maupun tempat bermain anak.

Ketika tamu yang datang ke rumah jarang, maka ruang tamu juga jarang digunakan. Oleh karena itu orang lebih cenderung menggabungkan beberapa kegiatan dalam ruang tamu, sehingga ruang tamu tersebut bersifat multifungsi. Anung menyebutkan ada beberapa hal yang penting diperhatikan untuk menata ruang tamu multifungsi.

Salah satu yang penting diperhatikan adalah pemilihan furnitur atau perabot.

Dekorasi ruang

Seperti ruangannya yang multifungsi, sebisa mungkin dipilih perabot yang multifungsi juga, di mana satu perabot memiliki beberapa fungsi. Misalnya, sofa yang didesain sedemikian mungkin agar bisa digunakan untuk tempat tidur atau skesel yang memiliki dua muka sehingga selain bisa digunakan untuk penyekat juga bisa difungsikan untuk rak buku dan menempatkan benda-benda pajangan.

Pengecatan dinding juga penting diperhatikan. ”Sebisa mungkin pilih warna-warna terang sehingga secara psikologis bisa menimbulkan efek luas pada ruangan. Jika warna dindingnya gelap akan membuat ruangan tampak sumpek,” ujar Anung.

Faktor lainnya yang perlu diperhatikan dalam penataan ruang tamu multifungsi adalah pemilihan soft funishingnya atau dekorasi ruangannya, seperti pemilihan tirai, upholstry (bahan pembungkus sofa atau kursi, dll) hingga pemilihan karpet, wallpaper dan sebagainya.

Pemilihan soft funishing bisa dipadu padankan dengan konsep ruangan dan furnitur yang ada. Jika memilih wallpaper untuk melapisi dinding, Anung menyarankan untuk memilih corak yang horizontal guna menimbulkan efek luas pada ruangan sempit.

Besar kecilnya bukaan pintu dan jendela juga sangat penting diperhatikan untuk menghadirkan pencahayaan alami dan penghawaan alami yang cukup ke dalam rumah. Untuk menciptakan efek dramatis, pada pojok ruangan bisa dihadirkan pencahayaan lokal lewat cahaya dari table lamp atau standing lamp.  (anh)

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS