Pemilihan single sofa untuk penataan simpel namun berkesan elegan. (Arif Fajar S.) Pemilihan single sofa untuk penataan simpel namun berkesan elegan. (Arif Fajar S.)

Penataan Simpel Elegan Bikin Betah

141 Kali

 

Sempat salah masuk perumahan, akhirnya ketemu juga rumah milik Ridho Antin Husna, di Gentan, Sukoharjo. Kesamaan model rumah di kompleks perumahan membuat Rumah190, Kamis (15/11/2018) pagi, harus ekstra mencermati agar bisa menemukan rumah yang dituju.

Tatapan mata  saya langsung menyapu bagian depan rumah seluas 72 meter persegi yang berdiri di atas tanah seluas 102 meter persegi. Dua buah kursi besi berwarna gelap ditempatkan di teras rumah menghadap timur yang tidak terlalu lebar berpadu dengan tanaman dan hiasan dinding, simpel namun nyaman.

Memasuki ruang tamu, suasana berubah. Single sofa berwarna abu-abu berhiaskan bantal cantik tampak menarik perhatian. Meja bundar kecil dengan aksesori bunga kering, tempat tisu dan stoples plastik ditempatkan di depan sofa beralaskan karpet hitam putih. Disamping single sofa diletakkan lemari  kayu cukup unik berwarna cokelat muda dengan keranjang anyaman dan pot unik berisi tanaman Karet Kebo.

Penataan ruang tengah simpel nan elegan bikin betah penghuni. (Arif Fajar S.)

Penataan ruang tengah simpel nan elegan bikin betah penghuni. (Arif Fajar S.)

Ada juga konsol dengan sejumlah laci untuk menyimpan pernik-pernik rumah. Di atasnya, vas bunga unik berwarna putih bersih berdampingan dengan botol-botol kosong dan pigura bertuliskan “Baiti Jannati”.

Di sampingnya, tertata meja kecil bergaya industrialis dengan meja putih dan rak berisi kotak anyaman. Di atasnya terdapat laptop berpadu dengan rak dinding lengkap dengan lampu penerangan dan pigura bertuliskan “Anak Sholeh Rajin Sholat & Belajar”.

Lurus dengan ruang tamu, terdapat ruang keluarga. Tak ada sekat yang membatasi sehingga ruangan terasa luas. Di ruang keluarga tergelar karpet lengkap dengan bantal besar berpadu dengan single sofa lengkap dengan bantal untuk bersantai menonton televise yang diletakkan di meja kecil memanjang. Ada piring-piring menempel di dinding membuat ruangan tak terasa kosong.

Penataan interior di dapur. (Arif Fajar S.)

Penataan interior di dapur. (Arif Fajar S.)

Di sebelah kanan (utara) ruang keluarga terdapat dua kamar keluarga saling berhadapan dengan kamar mandi di antara kedua kamar tersebut. Sedangkan ruang makannya, di sisi kiri (selatan) ruang keluarga terasa bikin betah. Kendati menyatu dengan dapur, namun penataan dapur yang elegan membuat penghuni rumah betah ngobrol seusai makan. “Dapurnya memang saya buat menyatu dengan kitchen set yang menempel di dinding, idenya lihat-lihat di Internet,” ujar Ridho pemilik akun Instagram @mbakridho kepada Rumah190.

Di ruang makan, terdapat meja kecil lengkap dengan empat kursi dari fiber berkaki kayu. Perpaduan warna putih dan cokelat pada kursi tampak serasi bersanding meja berwarna putih bertaplak dengan motif garis hitam putih. Dapur rumah terlihat bersih, tak ada sisa bekas masakan. Semuanya tertata rapi. Kompor berada di sisi timur, tak ada ceceran minyak atau sisa masakan. Tempat menyimpan bumbu berbentuk unik seperti radio lama, berdekatan dengan penanak nasi elektrik. Di sampingnya tempat mencuci peralatan masak juga terlihat bersih.

Bagian atas dan bawah dapur terdapat lemari untuk menyimpan peralatan masak dan makan serta minum. Di sisi barat ada dispenser bersusun dengan microwave dan tempat roti. Tak lupa ada lemari es di sampingnya. Semuanya rapi, simpel, dan elegan.

Penataan teras.

Penataan teras.

Bagian belakang rumah ada ruang kosong dimanfaatkan untuk menjemur pakaian dan menempatkan barang-barang bersebelahan dengan kamar pembantu. Ada taman di sudut belakang persis di belakang kamar. “Untuk aksesori yang ada di rumah ini, semua hasil berburu di toko online dan ketika nemu pas jalan ke luar kota,” ujar Ridho mengakhiri pembicaraan dengan Rumah190. (Arif Fajar S.)

RELATED POST FOR CATEGORY

Uncategorized

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS