ari aspek kesehatan, dengan masuknya sinar matahari yang mengandung Vitamin D dapat membuat rumah menjadi sehat dan mengurangi kelembaban./pinterest.com ari aspek kesehatan, dengan masuknya sinar matahari yang mengandung Vitamin D dapat membuat rumah menjadi sehat dan mengurangi kelembaban./pinterest.com

Pencahayaan Alami Sebagai Elemen Desain Rumah

1205 Kali

RUMAH190.com–Memasukkan pencahayaan alami ke dalam rumah menjadi elemen yang penting dalam mendesain rumah hunian. Sinar matahari yang masuk ke dalam rumah sangat mendukung terciptanya sebuah rumah hunian yang sehat dan hemat energi.

Dosen Desain Interior Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) UNS Solo, Soepono Sasongko mengungkapkan bahwa pencahayaan alami matahari dalam rumah memiliki beberapa fungsi, yakni ditilik dari segi kesehatan dan hemat energi. Dari aspek kesehatan, dengan masuknya sinar matahari yang mengandung Vitamin D dapat membuat rumah menjadi sehat dan mengurangi kelembaban.

”Sementara dari aspek energi, pencahayaan alami matahari membuat rumah jadi hemat energi karena pada pagi hingga sore hari tidak perlu menyalakan lampu,” ujar Soepono ketika berbincang dengan Rumah190.com di ruang kerjanya.

Soepono mengingatkan, intensitas pencahayaan alami yang masuk dalam rumah harus diperhitungkan. Mengingat sinar matahari yang menyehatkan adalah sinar matahari pagi yang muncul dari jam 06.00 WIB hingga 09.00 WUB, disarankan agar ruangan-ruangan dalam rumah yang membutuhkan pencahayaan alami seperti kamar tidur, dapur dan ruang makan ditempatkan di sebelah timur. Kenapa timur? Karena matahari terbit dari timur dan tenggelam di barat.

Namun jika tidak memungkinkan karena bagian timur terhalang tembok tetangga, bisa disiasati dengan membuat genting kaca dan plafon dari kaca untuk menghadirkan pencahayaan alami ke dalam rumah. Namun tentunya sinar matahari yang masuk bukan sinar matahari pagi, tapi sinar matahari pada siang hari sebagai penerangan alami sehingga tetap menghemat energi listrik.

Soepono menambahkan, ketika matahari akan terbenam, sebisa mungkin desain rumah memungkinkan pencahayaan alami sebanyak mungkin masih bisa masuk ke dalam rumah jadi bisa meminimalkan pemakaian energi listrik.

pencahayaan alami salah satunya bisa dihadirkan lewat jendela, oleh karena itu peletakan jendela harus tepat. Jika pada bagian depan rumah terdapat tritisan, sebaiknya bukaan (bisa berupa jendela, ventilasi) dibuat sedikit ke bawah untuk memudahkan pencahayaan alami masuk lebih leluasa ke dalam rumah.

Sumber pencahayaan alami juga bisa dihadirkan lewat void. Sementara untuk mengantisipasi agar rumah tidak terlalu panas karena masuknya sinar matahari, bisa disiasati dengan membuat banyak bukaan sehingga memasukkan udara ke dalam rumah. (anh)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS