Sirkulasi udara silang ini bisa diciptakan dengan membuat ventilasi atau lubang angin yang biasanya terletak di atas jendela atau pintu, di mana lubang angin antara bagian yang saling berhadapan jumlah dan besarnya harus sama./tipsdesainrumahminimalis.com Sirkulasi udara silang ini bisa diciptakan dengan membuat ventilasi atau lubang angin yang biasanya terletak di atas jendela atau pintu, di mana lubang angin antara bagian yang saling berhadapan jumlah dan besarnya harus sama./tipsdesainrumahminimalis.com

Penghawaan Alami yang Ideal pada Rumah

5550 Kali

RUMAH190.COM–Menciptakan penghawaan alami yang baik dan lancar merupakan salah satu elemen yang perlu dipertimbangkan ketika membuat rumah. Ada beberapa jenis penghawaan alami yang dapat dipilih sesuai karakter dan lokasi rumah hunian, antara lain penghawaan alami, penghawaan buatan dan penghawaan yang menggabungkan keduanya.

Ketua Jurusan Dosen Interior Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) UNS Solo, Drs Rahmanu Widayat MSn menjelaskan, cara terbaik untuk menciptakan penghawaan alami adalah dengan membuat cross ventilation atau sirkulasi udara silang. Sirkulasi udara silang ini bisa diciptakan dengan membuat ventilasi atau lubang angin yang biasanya terletak di atas jendela atau pintu, di mana lubang angin antara bagian yang saling berhadapan jumlah dan besarnya harus sama.

Contohnya, jika pada dinding sebelah utara terdapat lubang angin, maka di sebelah dinding sebelah selatan juga harus ada lubang angin, sehingga udara yang masuk dan keluar rumah seimbang. ”Keluar masuknya udara dalam rumah harus seimbang. Tidak baik kalau udara masuk lebih besar daripada udara keluar atau sebaliknya. Kalau udara masuk lebih besar daripada udara keluar penghuninya bisa masuk angin,” ujar Rahmanu ketika berbincang dengan Rumah190.com di ruang kerjanya belum lama ini.

Dengan adanya lubang angin membuat udara bisa mengalir masuk dan keluar rumah dengan lancar, sehingga ruangan menjadi sejuk dan segar. Agar ruangan terlihat indah, lubang angin atau ventilasi dapat dimodifikasi sedemikian rupa sesuai keinginan pemilik rumah. Namun mengingat lubang angin bentuknya terbuka, lubang angin dapat dilapisi dengan kawat nyamuk (kawat kasa) untuk menyiasati agar pada malam hari nyamuk tidak bebas masuk ke dalam rumah.

Kisi-kisi

Agar tidak merusak keindahan rumah, dapat dipilih kawat nyamuk yang warnanya senada dengan kusen jendela atau pintu. ”Agar terlihat indah, pemasangan kawat nyamuk diusahakan serapi mungkin, bisa juga dipasang kawat nyamuk yang bentuknya sangat tipis sehingga tampak transparan,” kata Rahmanu.

Jika ruangan rumah tidak memungkinkan dibuat cross ventilation atau lubang angin hanya bisa dibuat pada salah satu sisi dinding, bisa dibuat ventilasi untuk udara keluar pada bagian atas lewat dinding yang dibuat tergantung dengan desain ruangan.

Selain menghadirkan lubang angin, penghawaan alami bisa dihadirkan lewat jendela dan pintu yang berbentuk jalusi atau kisi-kisi. Sehingga meskipun jendela atau pintu ditutup rapat, udara masih bisa masuk dan keluar lewat jendela dan pintu jalusi tersebut. Menciptakan kesejukan pada rumah juga bisa dihadirkan lewat bangunan langit-langit yang tinggi, setidaknya tingginya tiga meter. Sementara pada rumah dengan langit-langit rendah, kesejukan dapat dihadirkan lewat cross ventilation.

Sementara penghawaan buatan bisa dilakukan dengan memasang air conditioner (AC) di dalam rumah. Kelebihan pemakaian AC adalah membuat udara yang masuk dan keluar stabil, membuat orang tidak cepat capek di ruangan ber-AC, menstabilkan suhu tubuh dan benda-benda di dalam ruangan jadi lebih awet. Namun kekurangannya menggunakan energi listrik sehingga memerlukan biaya operasional.  (anh)

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS