Menata aksesori di rak dinding bisa menjadi dekorasi unik di rumah. (Arif Fajar S.) Menata aksesori di rak dinding bisa menjadi dekorasi unik di rumah. (Arif Fajar S.)

Percantik Ruang dengan Rak Dinding

408 Kali

 

 

Elemen dekorasi suatu ruangan bisa didapatkan dari beragam benda. Bisa berupa tanaman hias maupun karya seni berupa lukisan. Beberapa benda lainnya seperti bingkai foto berisi foto-foto kenangan atau suatu peristiwa juga bisa menjadi elemen dekorasi. Tidak hanya itu benda-benda unik atau pernik-pernik suvenir sering juga kerap dipakai sebagai elemen dekorasi.

Tanaman hias berukuran besar biasanya ditempatkan di sebuah pot khusus. Sedangkan tanaman hias imitasi, bisa ditempatkan di meja dan bingkai foto bisa ditempel langsung di dinding. Namun, beberapa benda-benda unik berukuran kecil, koleksi buku, dan koleksi suvenir membutuhkan tempat sebelum dijadikan elemen dekorasi sebuah ruangan. Tempat yang digunakan bisa berupa lembaran kayu yang tidak terlalu berat dan ditempelkan ke dinding.

“Bisa menggunakan rak dinding dari serbuk kayu yang dipadatkan berbentuk lembaran papan sebagai tempat menaruh benda-benda seperti pot bunga hias imitasi berukuran kecil, bingkai foto, dan koleksi buku,” terang Duty Manager Ace Hardware Solo Paragon Lifestyle Mall, Sigit Sidharta, ketika ditemui Rumah190, Rabu (11/7/2018).

Sebelum memanfaatkan rak dinding dari papan tersebut, menurut Sigit, sebaiknya pemilik rumah memerhatikan kondisi dinding yang akan digunakan. Hal ini mengingat penopang papan rak tersebut membutuhkan media yang kuat. “Sebaiknya dinding bata, karena lebih solid ketika dipasangi penopang dari rak kayu tersebut,” katanya.

Penopang rak kayu tersebut ada beberapa model. Seperti penopang yang tidak terlihat karena posisi besi penyangganya masuk ke dalam rongga papan yang memang sengaja dibuat pabrikan. Ada juga yang harus membeli secara terpisah berupa besi siku yang harus dibaut atau dipaku ke dinding. Selain itu, lanjut dia, pemilik rumah sebelum memasang rak juga harus memerhatikan luas ruangan. Tujuannya agar papan rak yang hendak dipasang menyesuaikan ukurannya, sehingga ruangan tidak terlihat penuh. “Pilih warna yang kontras dengan cat dinding ruangan tersebut, sehingga sebagai elemen dekorasi sebuah ruangan terpenuhi,” jelasnya.

Rak dinding yang tersedia di Ace Hardware berupa papan, ada pula dari baja dan kaca. Untuk baja, bisa disusun menjadi rak dengan penopang di bagian bawah namun tetap ditempel ke dinding sebagai penguat. “Bisa digunakan sebagai rak baju, sepatu, atau pun peralatan perbengkelan serta peralatan dapur,” ujarnya.

Rak dinding selain dari papan, menurut Asisten Store Manager Informa Solo Paragon Lifestyle Mall, Widiyadari, ada juga dari fiber. Bentuknya beragam. Selain lempengan papan, kubus, ada juga berbentuk rak susun. “Ukurannya beragam, untuk papan dari serbuk kayu yang dipadatkan bisa untuk beban mulai 5 kg hingga 10 kg. Namun sebaiknya jangan terlalu berat dan tidak boleh basah karena jika terkena air bisa rusak,” jelasnya.

Untuk rak berbentuk kubus, bisa digunakan sebagai tempat menaruh koleksi buku dan vas bunga berukuran kecil karena daya tampung terbatas. Sedangkan rak berbentuk kotak susun bisa digunakan sebagai tempat menaruh beberapa barang berbeda jenis sekaligus. “Tentu harus memerhatikan berat dari benda-benda yang ditempatkan di rak tersebut dan jumlahnya agar estetikanya tetap terjaga,” ujar Widiyadari kepada Rumah190, Rabu. (Arif Fajar S.)

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS