portalbangunan.com portalbangunan.com

Perhatikan Daerah dan Bahan

767 Kali

RUMAH190.COM Finishing yang bagus akan menghasilkan karya yang bagus pula.
Namun yang tidak kalah penting dan cukup menentukan sebuah hasil adalah bahan baku yang digunakan. Pada pembuatan kusen kayu, pemilihan kualitas bahan menjadi sangat vital karena pemilihan yang tidak cermat akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

Seorang arsitek dari Rumadesain Solo, Agung Wibowo mengatakan, kusen terdiri atas kayu-kayu sambungan. Oleh sebab itu kayu yang akan digunakan harus memiliki kualitas yang sama. “Kualitas kayu harus sama. Tidak bisa jika kaki-kaki dibuat dari bahan kelas A, tetapi yang lain terbuat dari bahan yang sama, tetapi kelas B,” kata dia saat ditemui Espos di kantornya di Jalan Haryo Panular, Solo.

Jika hal ini diabaikan, ujar Agung, biasanya kalau pelitur sudah kering akan muncul perbedaan warna. Selain kualitas, daerah asal kayu juga harus sama untuk kusen yang akan dibuat dalam satu kesatuan kusen. Menurutnya, masing-masing daerah membawa corak tersendiri pada tekstur kayu. Sehingga jika dua kayu berkualitas sama dipadukan, maka akan tampak perbedaan tekstur antara keduanya.

“Pada prinsipnya, pelitur digunakan untuk memperjelas tekstur kayu supaya tampak lebih indah. Sementara kayu dari daerah satu dengan lainnya ada perbedaan tampilan. Oleh sebab itu, hal ini harus diperhatikan supaya sama”.

Sementara itu, agar pelitur tetap awet, hindarkan dari kontak langsung dengan sinar matahari maupun hujan yang dapat membuat pelitur menjadi kusam. Bersihkan permukaan kayu berpelitur dari air dan kotoran dengan lap yang halus. ( Akhmad Ludiyanto)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS