Gorden untuk rumah cantik (lensarumah.com) Gorden untuk rumah cantik (lensarumah.com)

Perhatikan Motif, Warna dan Ukuran

1391 Kali

RUMAH190.COM Jenis tirai atau selubung penutup sangat beragam, dua di antaranya adalah gorden dan vitrage atau kerap disebut vitrase. Asal mula kata gorden sendiri berasal dari bahasa Belanda, gordijn yang berarti tirai. Dalam bahasa Jawa, gorden dikenal dengan sebutan gorden atau gorden.

Ketua jurusan (Kajur) desain interior Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) UNS Solo, Drs Rahmanu Widayat MSn, mengatakan gorden dan vitrase biasanya diaplikasikan pada jendela. Fungsi keduanya tak hanya mempercantik tampilan rumah, namun juga bermanfaat untuk mengatur masuknya cahaya matahari ke dalam rumah. ”Selain itu bisa mengurangi silau cahaya yang masuk ke dalam rumah dan menjaga privasi si pemilik rumah,” ujar Rahmanu saat berjumpa Espos di ruang kerjanya.

Karena bahannya yang tipis dan tembus pandang, ketika vitrase menutupi jendela, orang yang melintas di luar rumah tidak bisa melihat aktivitas dalam ruangan rumah, namun orang yang ada di dalam rumah bisa melihat kondisi di luar ruangan atau luar rumah.

Lebih lanjut dia menambahkan, ada beberapa hal yang penting diperhatikan ketika memilih gorden, yakni ukurannya harus tepat dan sesuai dengan yang dibutuhkan, memperhatikan fungsinya, motif dan warna serta dana yang tersedia.

Rahmanu menyebutkan, gorden terbuat dari bahan kain yang tebal. Bahannya beragam, misalnya kain katun, linen maupun polyester dan bahan kain sintetis lainnya. Sementara vitrase biasanya terbuat dari bahan sintetis yang tipis dan transparan. Kelebihan bahan sintetis ini adalah pada perawatannya, di mana bahan seperti ini tidak mudah berkerut ketika dicuci dan tidak mudah lecek.

Ada beragam model gorden yang bisa dipilih untuk mempercantik jendela. Beberapa diantaranya yang bisa dipilih adalah model simpel dan klasik. ”Model simpel biasanya hanya berbentuk jurai (lekukan) lurus dan bisa juga ditambahi ornamen renda-renda. Sementara model klasik biasanya dilengkapi dengan tasel untuk mengikat gorden yang dikaitkan ke kusen jendela. Sebenarnya modelnya bisa dikreasikan sendiri sesuai dengan keinginan pemilik rumah,” terang dia.

Mengenai motif gorden, untuk rumah simpel bisa menggunakan motif geometris. Sementara pada rumah klasik akan terlihat menarik jika menggunakan motif flora. Motif polos dengan pengaplikasian berbagai aksesori sangat fleksibel bisa digunakan pada rumah dengan konsep apapun. Untuk kamar anak bisa dipilih gorden yang motifnya disesuaikan dengan kesukaan si anak, seperti motif binatang, bulan, bintang dan sebagainya.

Terkait pemilihan warna gorden, untuk menciptakan nuansa yang harmonis dengan area di sekitarnya, warnanya bisa disesuaikan dengan warna dinding atau furnitur dalam ruangan tersebut. Namun bisa juga dipilih warna kontras sebagai center of interest dalam ruangan tersebut. Pengaplikasian berbagai aksesori gorden bisa dipilih sesuai tema rumah dengan warna yang menarik sehingga makin mempercantik tampilan gorden.

Cara pemasangannya ada yang memakai rel tunggal dan ada yang menggunakan rel ganda. Untuk menggantungkan gorden bisa menggunakan rollet yang antara lain terbuat dari kuningan, alumunium, kayu, stainless setel maupun bahan sintetis lainnya.  ( anh )

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS