home-for-sale

Perhatikan Saat Beli Rumah Bekas

716 Kali

Rumah memang menjadi kebutuhan primer. Karenanya, Anda yang ingin memilikinya bisa melakukan dengan cara membeli baru atau seken atau rumah bekas (Rumkas) ataupun membangun sendiri. Namun dalam kondisi krisis, biasanya ada yang menawarkan Rumkas.
Seperti dikutip dari http://www.sejutablog.com, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat Anda membeli Rumkas, yakni:

Tentukan harga rumah yang ingin Anda beli. Namun sebelum membayar, sebaiknya Anda pergi dulu ke bank guna memeriksa daya beli Anda. Sediakan cadangan minimal 10% untuk renovasi rumah, biaya transaksi, pindahan dan sebagainya. Pertimbangkan juga rencana anda ke depan, seperti pernikahan anak atau mau menambah anak. Apabila Anda berencana memakai KPR, hendaknya rumah yang Anda inginkan berada di jalan yang bisa dimasuki minimal satu mobil, besertifikat hak milik, ada IMB dan dijual di harga pasaran.

Buatlah daftar harapan. Membuat daftar ini perlu dan rundingkan dengan anggota keluarga lainnya. Bayangkan semua yang Anda inginkan dari sebuah rumah. Pertimbangkan juga jumlah anggota keluarga, pertumbuhan keluarga, hobi, gaya hidup Anda apakah suka berkumpul, berpesta atau penyendiri.

Luangkan waktu minimal 7 hari untuk memutuskan, setelah melihat rumah yang akan dibeli. Hal itu untuk mempertimbangkan berbagai hal, seperti kondisi tetangga, lingkungan dan sebagainya karena Anda akan bertempat tinggal lama. Cek juga pada waktu malam, sehingga akan mengetahui secara persis kondisi lingkungan.

Periksa kembali kondisi bangunan. Saat memeriksa, sebaiknya membawa orang yang mengerti soal bangunan. Periksa fondasi dan struktur bangunan, lantai dan atap.

Periksa kembali status kepemilikan. Hal ini merupakan tahap yang sangat penting. Perlu juga mengetahui alasan pemilik menjual rumah.

Periksa kembali harga, karena jangan sampai Anda kecewa.

Pilih notaris/PPAT yang tepercaya. Biasanya dalam transaksi pembelian rumah secara tunai, notaris/PPAT dipilih dan dibayar sepenuhnya oleh pembeli. Untuk itu Anda bisa minta referensi dari saudara dan relasi. ( Triyanto Hery Suryono)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS