Kalau warna kayu natural sebaiknya pilih warna vernis yang natural./dok Kalau warna kayu natural sebaiknya pilih warna vernis yang natural./dok

Perhatikan Warna Vernis

232 Kali

RUMAH190.COM–Aspek yang perlu diperhatikan saat memilih kusen dan daun pintu berbahan kayu adalah pewarnaan atau yang sering disebut vernis.

”Karena ada jenis kayu setelah divernis warnanya jadi berubah dari warna aslinya, tadinya menghendaki warna cokelat tapi ternyata berubah menjadi merah setelah divernis,” kata Dosen Desain Interior Universitas Sahid Surakarta, R Kusbimantoro SSn.

Untuk menghindarinya, sambung Kusbimantoro, sebaiknya perlu diketahui dulu warna asli dari kayu, sehingga bisa menyesuaikan dengan warna yang akan dipakai. Kalau warna kayu natural sebaiknya pilih warna vernis yang natural. ”Selain itu perlu selektif dalam memilih jenis pelitur yang ada di pasaran,” ungkapnya.

Tentang pewarnaan furnitur, termasuk kusen kayu, pemilik toko mebel Jepara Asli, Colomadu, Karanganyar, Yuni juga membenarkan pemilihan warna untuk vernis sebaiknya memilih warna yang natural karena warna asli kayu akan kelihatan.

”Kalau warnanya terlalu gelap maka suasana rumah akan jadi gelap. Sebaiknya pakai warna yang natural semakin lama akan semakin mengkilap,” lanjut Ny Yuni.

Ia menambahkan perlu juga melakukan perawatan terhadap kusen dan daun pintu dengan cara membersihkan perangkat itu dari debu, kemudian mengelap permukaan peranti tersebut dengan lap yang telah diolesi oil furniture.

”Perawatan itu perlu dilakukan berkala, cukup enam bulan sekali, asalkan dilap dengan minyak khusus furniture,” papar wanita yang 20-an tahun menekuni dunia mebel ukir Jepara. ( ema )

RELATED POST FOR CATEGORY

Uncategorized

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS