oriental-rug-cleaning

Permadani Oriental Paling Diminati

648 Kali

Salah satu pelengkap interior rumah adalah permadani. Permadani yang terkenal berasal dari negeri Persia yang kini disebut Iran. Namun hingga sekarang dikenal permadani China, permadani Turki, permadani India yang semuanya bernuansa oriental (timur).
Di negara oriental ini, permadani dibuat dengan desain dan simbol yang memiliki arti masing-masing. Misalnya di China warna merah dipercaya sebagai lambang kebahagiaan. Sementara warna kuning, emas, dan ungu memiliki arti keagungan. Sehingga, warna-warna seperti ini banyak dipakai oleh keluarga kerajaan sebagai indikasi kekayaan, kekuasaan dan kehormatan. Sedangkan warna putih berarti kesedihan dan sering dipakai untuk melambangkan kematian.

Seperti dikutip dari www.sinarharapan.co.id, permadani asal China memiliki sejarah yang cukup panjang. Meski permadani bukan berasal dari sana, namun tidak dapat dipungkiri bahwa buatan China pun diakui kehebatannya di seluruh dunia. Buktinya, banyak museum-museum yang menyimpan permadani asal China di ruang pamerannya terutama yang bernuansa antik.

Simbol yang digunakan permadani China mencerminkan arti aslinya. Ini terkadang diungkapkan dengan tulisan-tulisan kanji. Dan pengaruh ajaran agama Budha dan Taoisme mendominasi di dalamnya. Paling sering lambang hitam putih dari Yin dan Yang digunakan. Lalu ada pula simbol lainnya seperti naga yang berarti kekuatan besar.

Sementara itu, permadani asal Persia kaya akan warna, desain yang berbeda-beda, serta simbol-simbol tertentu. Setiap desain yang dibuat memiliki maksud tertentu. Selain untuk hiasan keindahan ruangan, permadani diharapkan dapat mempengaruhi pikiran seseorang. Dari Persia banyak desain yang mengambil gambar hewan. Misalnya desain gambar burung, binatang buas dan lainnya. Seperti singa memberikan simbol kemenangan dan dorongan yang kuat. Lalu seekor merak pun melambangkan burung yang dianggap keramat. Belum lagi gambar pohon beringin yang melambangkan kehidupan kekal.

Sementara untuk warna, permadani asal Persia banyak menggunakan warna-warna natural yang masih bagus penampilannya setelah beratus-ratus tahun. Lalu gaya permadani yang lainnya yaitu dari Turki. Ini pun dianggap sebagai cerminan budaya. Biasanya, desain dari Turki tidak menitikberatkan pada bentuk.  – ( Akhmad Ludiyanto)

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS