leikeji.com leikeji.com

Permainan Bidang Geometris Pada Desain Dinding Rumah

1452 Kali

RUMAH190.COM Dinding merupakan salah satu elemen penting dalam desain interior yang letaknya antara lantai dan langit-langit. Ada dinding yang terkait dengan struktur bangunan atau kerap disebut bearing wall dan ada dinding yang tak terkait dengan struktur bangunan atau nonbearing wall.

Ketua Jurusan (Kajur) Desain Interior Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) UNS Solo, Drs Rahmanu Widayat MSn, menjelaskan dinding memiliki beragam fungsi salah satunya fungsi mekanik seperti untuk saluran air maupun untuk penempatan instalasi listrik, outlet beserta kontrol panelnya.

Fungsi lainnya terkait dengan fisik yakni untuk penempatan pintu, jendela, ventilasi atau lubang angin. Dinding juga memiliki fungsi estetis yang terkait dengan pengolahan garis, tekstur, warna dan bidang. Sementara yang dimaksud rumah bergaya minimalis berkaitan dengan bagaimana membuat rumah yang simpel dan sederhana.

Rumah minimalis dalam desain interior dapat terwakili dengan kehadiran pola-pola geometris yang bisa mewakili seminimal mungkin unsur bentuk dalam rumah. Bentuk geometris tersebut antara lain terwakili oleh bidang segiempat, segitiga, lingkaran dan sebagainya.

Rahmanu menambahkan, mengenai pengolahan dinding dalam interior rumah bergaya minimalis dapat dibagi menjadi dua, yakni pengolahan dinding bagian luar dan dinding bagian dalam. Karena rumah berkonsep minimalis, salah satu bidang dinding dalam rumah dapat dibuat dengan mengekspos garis vertikal atau horizontal.

”Garis horizontal bisa dibentuk berupa alur atau nat yang bisa digunakan sebagai kamuflase dinding yang memiliki langit-langit yang terlalu tinggi. Sementara garis vertikal bisa dipadukan dengan unsur kayu yang dibuat garis berjajar-jajar dan dapat diaplikasikan pada dinding dengan langit-langit rendah,” ujar Rahmanu ketika dijumpai Espos di ruang kerjanya.

Dinding bagian dalam rumah minimalis juga dapat diolah melalui permainan bidang geometris, seperti menempatkan bidang segiempat, lingkaran atau segitiga dalam salah satu bidang dinding. Contohnya, dinding bagian atas bisa dibentuk lingkaran yang juga bisa berfungsi untuk penghawaan.

Selain itu dinding dapat diolah melalui wallcovering dengan mengaplikasikan wallpaper warna netral. ”Jangan memakai yang bermotif, tapi bisa dipilih wallpaper bertekstur. Permainan warna juga bisa dilakukan dalam mengolah dinding minimalis, dengan memadukan warna netral dan warna kontras,” ujarnya.

Sementara dinding luar yang tampak dari luar bisa diolah dengan memasukkan unsur bahan-bahan natural seperti batu-batuan, antara lain bisa disusun dengan model susun daun sirih. Pengolahan dengan model seperti ini biasanya dilakukan pada pilar atau sebagian dinding luar. Bisa pula dipadukan dengan portico yang mengekspos bentuk-bentuk geometris. ”Pengolahan dinding pada intinya bertujuan untuk menghilangkan kesan monoton dalam rumah.”  (anh)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS