https://media-cdn.tripadvisor.com/ https://media-cdn.tripadvisor.com/

Pesona Koleksi Barang Antik : Jangan Berlebihan dalam Satu Ruangan

709 Kali

RUMAH190.COM Kehadiran barang antik atau barang-barang kuno sebagai objek dekoratif akan  semakin memperkaya khazanah interior rumah hunian. Kehadirannya pun tak hanya sebagai elemen  penghias rumah maupun barang yang bisa difungsikan menurut kegunaannya, namun juga berfungsi  sebagai investasi bagi si pemilik rumah.

Dosen Desain Interior Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) UNS Solo Ken Sunarko, mengatakan  kehadiran koleksi barang antik sebagai elemen interior rumah bisa membuat sebuah rumah memiliki atmosfer tertentu. ”Keberadaan barang-barang antik dalam rumah juga bisa memperlihatkan selera dan karakter si pemilik rumah,” ujar Ken Sunarko ketika berbincang dengan RUMAH190.COM  di kediamannya.

Ken yang juga seorang desainer interior hotel ini menambahkan, keberadaan barang antik dan kuno dalam interior rumah juga bisa menjadi sarana hiburan dan kepuasan sang pemilik rumah. Bagi orang yang memang mengoleksi benda-benda antik, secara psikologis dengan melihat barang koleksi tersebut bisa menjadi hiburan tersendiri bagi mereka.

Pengaplikasian benda kuno dan antik dalam interior rumah juga mencerminkan apresiasi atau penghargaan si pemilik rumah terhadap nilai kerajinan, seni dan kebudayaan dari mana barang tersebut berasal. Saat ini menghadirkan barang antik sebagai objek dekoratif interior rumah  sudah mulai menjadi tren di masyarakat.

Ken menyebutkan, ada beberapa kriteria sebuah barang disebut sebagai barang antik atau kuno. Antara lain mengandung unsur keunikan, keindahan, sejarah, keutuhan, orisinalitas atau belum direkayasa, umur dan kelangkaan atau barang tersebut sudah jarang ditemukan. Jika sebuah barang semakin lengkap memiliki unsur-unsur tersebut, maka harga jualnya pun semakin tinggi. Barang antik bisa diaplikasikan dalam interior rumah dengan konsep apapun. Ken menambahkan,  sebaiknya menghindari penempatan barang antik terlalu berlebihan dalam satu ruangan. Jika terlalu banyak nanti akan ada barang antik yang nilainya muncul tapi ada yang nilainya
tenggelam. ( anh )

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS