Berbagai macam tirai bisa dipilih sesuai selera. (istimewa)) Berbagai macam tirai bisa dipilih sesuai selera. (istimewa)

Pilah Pilih Ragam Penghalang Sinar Matahari

124 Kali

Konsep hunian ramah lingkungan saat ini cukup diminati, karena mengedepankan pencahayaan dan sirkulasi udara secara alami. Selain lebih sehat, setidaknya dengan konsep tersebut dapat mengurangi penggunaan pendingin ruangan dan lampu untuk pencahayaan, dengan tujuan akhirnya penghematan energi.

Dalam hunian ramah lingkungan, keberadaan ventilasi untuk mengalirkan udara segar menjadi hal utama. Tentu dengan penataan sedemikian rupa fungsi lubang angin sebagai ventilasi udara bisa maksimal.

Untuk pencahayaan alami bisa didapatkan dari sinar matahari melalui bukaan jendela atau jendela kaca di sejumlah titik di hunian. Kendati demikian, kuatnya pancaran sinar matahari sering juga menimbulkan efek silau karena berlebihan cahaya.

Pemanfaatan tirai menjadi solusi untuk mengurangi masuknya cahaya dari sinar matahari. Selain tirai berbahan kain yang biasa disebut gorden, tirai juga ada yang berbahan fabric, serat aluminium, dan kayu dengan beragam model pemanfaatannya.

Menurut Customer Service CV. Motifa Karya Mandiri, penyedia produk Onna, di Jl. Yosodipura No. 86 Solo, Tita Nuria Warnani, ada beragam tirai bukan kain. Mulai dari roller blinds, rainbow blinds, roman bars blinds, slimline blinds, dan vertical sheer blinds. “Ada juga tirai yang tidak hanya menghalangi sinar matahari namun juga mampu menyerap panas dari sinar matahari sehingga ruangan tidak terlalu panas,” ujar Tita.

Berbagai jenis tirai tersedia sesuai selera penghuni rumah (freepik.com)

Berbagai jenis tirai tersedia sesuai selera penghuni rumah (freepik.com)

Model roller blinds, lanjut Tita, menghalangi penuh sinar matahari jika tirai diturunkan semua. Namun biasanya agar cahaya bisa masuk, hanya diturunkan separuh. Ada beragam motif antara lain batik, bunga, dan bisa diatur sesuai keinginan pembeli.

Menurut pemilik Toko Sentral Papera Solo, Poppy Sutanto, rainbow blinds atau tirai zebra, memiliki dua slide tirai. Satu sisi gelap dan sisi lainnya transparan. Ada juga model lainnya. Harganya mulai Rp100.000 per meter persegi dan masih ada diskon 40%.

“Ketika slide transparan tidak ditutupi slide gelap, cahaya masih bisa masuk kendati tidak penuh namun cukup menerangi ruangan. Namun jika ingin tertutup, tinggal naikkan atau turunkan slide lainnya dengan tali pengatur,” ujar Poppy di tokonya di Jl. Suryo Pranoto No. 51 Cokronegaran, Solo.

Roman bars blinds, lanjut Tita, fungsinya juga sama, menghalangi sinar matahari. Namun, untuk menaikkan dan menurunkan tidak dengan cara menggulung, melainkan melipat dan membuka. Warna yang tersedia hanya satu warna.
Sedangkan slimeline blinds, kata Costumer Service CV Motifa Karya Mandiri, Avitriani, merupakan bentuk tirai yang sudah dikenal masyarakat. Untuk memfungsikannya bilah-bilah tirai bisa diatur sejajar menutup dan membuka dengan tali pengatur. Sedangkan vertical sheer blinds buka tutupnya ke kiri dan ke kanan untuk membuka dan menutupnya. “Untuk ukuran custom sesuai ukuran jendela, harganya mulai Rp400.000-an.” (Arif Fajar S.)

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS