Pemasangan karpet membuat suasana ruangan di rumah menjadi lebih hangat dan indah. (Istimewa/Alishba) Pemasangan karpet membuat suasana ruangan di rumah menjadi lebih hangat dan indah. (Istimewa/Alishba)

RAGAM KARPET: Hadirkan Kehangatan dan Keindahan

753 Kali

Rumah atau tempat tinggal adalah bangunan yang diidamkan setiap keluarga. Desain terbaik pun menjadi pilihan pemiliknya ketika mulai membangun hunian tersebut atau ketika membeli melalui penyedia properti.

Demi mendapatkan desain terbaik, pemilik rumah tak segan memanfaatkan jasa arsitek untuk membuatkan desain rumah dari sisi tampilan luar dan pembagian ruang sesuai kebutuhan dengan mempertimbangkan luas tanah yang tersedia. Sebagai tempat untuk beristirahat, bercengkerama dengan keluarga dan saudara, serta menerima tamu, pemilik rumah sering melengkapi bangunan rumah dengan sejumlah elemen. Dimulai warna dinding yang diharapkan menghadirkan keindahan dari setiap detail warna cat yang diaplikasikan di dinding hingga kelengkapan di dalamnya, seperti mebel, korden, tata lampu, dan elemen lainnya.

Tidak hanya cat dinding yang diharapkan menghadirkan keindahan dari sebuah tempat tinggal, elemen pendukung lainnya yang berada di setiap ruangan di dalam rumah diharapkan juga menjadi perangkat dekorasi yang mampu menghadirkan suasana yang nyaman dan indah.

Selain mebel, ada juga elemen yang saat ini juga sudah menjadi kebutuhan tempat tinggal, yakni karpet. Karpet untuk rumah tentu berbeda dengan karpet yang digelar di tempat ibadah, atau ketika ada kegiatan warga atau hajatan. Karpet untuk rumah menurut Miftahudin Afif, Head Marketing Toko Alishba Karpet di Jl. Gajah Mada No. 36A, Solo, biasanya memerhatikan penempatannya, misal karpet untuk ruang tamu, ruang keluarga, dan kamar tidur. Di samping itu juga memerhatikan desain dari rumah itu sendiri. “Kendati banyak juga yang mengabaikannya, misal desain rumah minimalis menggunakan karpet dengan motif klasik,” terang Afif kepada Espos, Selasa (13/2).

Pada umumnya, lanjut Afif, karpet yang tersedia di Alishba berbahan polypropylene, acrylic, cotton, dan sutera sintetis. Karpet berbahan acrylic,polypropylene dan cotton lebih empuk dan nyaman, sehingga banyak yang memilih karpet berbahan tersebut untuk ruang tamu dan ruang keluarga. Sedang karpet berbahan sutera sintetis, biasanya ditempatkan di dalam kamar tidur dan ruang ber-AC.

Sedangkan motifnya, tambah dia, ada karpet motif klasik, modern, dan minimalis. Sehingga pemilik rumah pun bisa menyesuaikan dan memadupadankan dengan elemen yang ada di ruangan yang hendak di pasangi karpet sehingga ketika dipasang karpet atau ketika karpet ditempatkan di ruangan tersebut, semakin mempercantik dan memberikan keindahan pada ruangan tersebut. “Sehingga selain fungsinya memberikan keindahan sebagai elemen dekorasi pada ruangan tersebut, karpet juga mampu memberi kehangatan pada ruangan itu,” terang Afif.

Ukuran karpet yang tersedia di Alishba Karpet pun beragam, mulai dari ukuran terkecil, 60 cm x 120 cm, hingga 4 meter x 6 meter dengan harga mulai Rp350.000. Selain memerhatikan motif, ukuran karpet juga harus disesuaikan dengan ruangan, untuk ruang tamu biasa menggunakan ukuran standar, 1,2 meter x 1,7 meter, untuk ruang keluarga bisa menggunakan ukuran mulai 1,6 meter x 2,3 meter, sedang untuk kamar tidur bisa menggunakan mulai ukuran 0,8 meter x 1,5 meter.

“Motif yang tersedia, motif kelasik biasanya bunga-bunga, modern biasanya simpel, dan minimali cenderung satu warna. Saat ini banyak juga yang tidak ambil pusing dengan kesesuaian motif dan desain rumah dan lebih menuruti selera,” terang Afif. (Arif Fajar. S)

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS