konsultasi mesjid

Konsultasi Desain Rumah: Renovasi Masjid yang Tak Abaikan Bangunan Lama

873 Kali

Rubrik ini diasuh oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura.

RUMAH190.COM–Kami jemaat masjid di sebuah perumahan berencana memperluas masjid kami. Kondisi lahan saat ini luas 10,9 x 9,25 m2. Kami memiliki tanah di samping timur seluas 9,45 x 15,95m2 untuk perluasan. Kami mohon saran perluasan masjid dengan mempertimbangkan pemindahan dan penambahan ruang wudu dan toilet untuk laki laki dan perempuan, penambahan ruang penunjang kegiatan pengajian dan rapat takmir, ruang tinggal penjaga serta lahan parkir. Diharapkan bangunan baru bisa mengikuti tren sekarang tetapi tetap berinteraksi dengan bangunanmasjid yang lama.

Setelah melihat kondisi pada bagian tanah perluasan kami bagi menjadi tiga zona yaitu pada bagian depan digunakan untuk parkir sepeda motor dan serambi yang digunakan sebagai penghubung antara masjid lama dan bangunan baru. Bagian tengah digunakan untuk perluasan tempat salat, rapat dan pengajian, kemudian pada bagian belakang digunakan untuk toilet dan ruang wudu, pantry (dapur), ruang tidur penjaga masjid serta gudang .

Pintu utama dibuat lebih tinggi dan lebih besar sehingga terkesan berwibawa dan terbuka.Bentuk kubah diganti lebih besar dari kubah yang lama, secara fi losofi masjid lama menjadi “imam” (jemaat laki-laki) ,sedang bangunan perluasan sebagai “makmum” (jemaat putri ).

Struktur atap yang baru dibuat harmonis dengan struktur atap yang lama serta memiliki bentuk yang hampir sama dengan ketinggian “leher“ bangunan yang berbeda sehingga mengesankan
bangunan lama lebih tinggi derajatnya.

 

RELATED POST FOR CATEGORY

Konsultasi

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS