rumah kampoeng batik

Konsultasi Desain Rumah : Rest Area di Kampoeng Batik Laweyan

1044 Kali

Rubrik ini diasuh oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura.

Salah satu fasilitas yang sangat diperlukan oleh wisatawan dalam menikmati perjalanannya adalah rest area. Rest area berfungsi sebagai tempat untuk beristirahat sejenak bagi wisatawan. Fasilitas utama yang harus ada di antaranya adalah toilet dan food court. Rest Area di Kampoeng  Batik Laweyan berlokasi di Jl. Sidoluhur menempati sebidang tanah milik pemerintah. Toilet didesain sedemikian rupa untuk keperluan wisatawan asing dan domestik, sehingga menggunakan kloset duduk, kloset jongkok, dan urinoir. Di dalam rest area disediakan pula toilet untuk kaum disable (penyandang cacat).

Toilet yang sehat harus bersih, kering dengan penghawaan dan pencahayaan alami yang cukup agar tidak pengap dan lembap. Disediakan pula food court dalam bentuk selter terbuka lengkap dengan dapur mininya untuk menjual makanan khas kampung. Di rest srea wisatawan bisa beristirahat sejenak sambil menikmati kuliner sesuai dengan seleranya. Secara keseluruhan luas site kurang lebih 300 m2 yang dibagi menjadi beberapa fungsi antara lain toilet (36 m2), food court (60 m2) serta taman yang dilengkapi fasilitas untuk duduk serta aktivitas lainnya seluas kurang lebih 200 m2.

 

RELATED POST FOR CATEGORY

Konsultasi

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS