freshome.com Ruang terbuka hijau di lantai atas sebuah hotel Adem dengan atap hijau freshome.com Ruang terbuka hijau di lantai atas sebuah hotel Adem dengan atap hijau

Roof Garden Kurangi Efek Rumah Kaca

567 Kali

Ruang terbuka hijau saat ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Ketika lahan yang tersedia mulai tergeser dengan keberadaan bangunan, baik perumahan, perkantoran, ataupun hotel, semua berusaha memanfaatkan lahan yang tersedia untuk menanam tanaman.

Salah satunya dengan memanfaatkan bagian atap gedung untuk taman, atau biasa dikenal dengan nama roof garden. “Tujuannya untuk menambah ruang terbuka hijau. Karena sekarang bangunan dengan gaya arsitek apapun harus berorientasi ramah lingkungan atau berawasan lingkungan. Tentu roof garden berbeda dengan taman yang ada di bawah,” ujar Ketua Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Solo Ir. Eny Krisnawati, MSi. di ruang kerjanya, beberapa waktu lalu.

Eny mengatakan untuk membikin taman di atap, struktur gedungnya harus kuat karena untuk menahan beban untuk taman dan lalu lalang manusia. Karena taman ini biasanya ditempatkan di sekitar kafe dan playground.

“Jika tidak menggunakan pot, biasanya akan disiapkan media tanam yang terdiri lapisan waterproof, ijuk, tanah, dan pelapis pengering. Tentu sirkulasi air dan udara yang bagus dan sinar matahari secara langsung,” jelasnya.

Mengenai pemilihan tanamannya, ditambahkan Eny, adalah tanaman yang memiliki akar serabut, bukan tanaman dengan akar tunjang. Seperti, bambu Jepang yang mampu menghisap karbondioksida. Kemudian tanaman perdu yang memiliki nilai estetika tinggi dari segi daun dan bunganya. “Diperhatikan juga jenis tanamannya yang tahan dengan paparan sinar matahari secara langsung,” saran Eny.

Pembuatan taman di atap gedung, menurut Eny, selain menambah ruang terbuka hijau, juga untuk mengurangi panas bangunan karena gedung lebih dingin sebab sinar matahari diserap tanaman. “Selain itu, keberadaan ruang terbuka hijau berupa taman di atap gedung, bisa menjadi salah satu elemen yang mengurangi efek rumah kaca,” terang dia. (Arif Fajar S./JIBI)

 

 

RELATED POST FOR CATEGORY

Eksterior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS