Dengan alasan tertentu ada sebagian orang yang senang bekerja atau menyelesaikan pekerjaan mereka di rumah./slideshare.net Dengan alasan tertentu ada sebagian orang yang senang bekerja atau menyelesaikan pekerjaan mereka di rumah./slideshare.net

Ruang Kerja Pribadi di Rumah, Mengapa Tidak?

1022 Kali

RUMAH190.COM–Dengan alasan tertentu, ada sebagian orang yang senang bekerja atau menyelesaikan pekerjaan mereka di rumah. Nah, agar dapat bekerja optimal dibutuhkan ruang kerja yang nyaman.

Untuk menciptakan kenyamanan dalam bekerja, biasanya dibuat ruang kerja khusus. Ada pula yang menempatkan meja serta komputer di pojok ruang, semua untuk bekerja.

Menurut Dosen Jurusan Desain Interior Fakultas Sastra dan Seni Rupa, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Soepono Sasongko, saat ini orang tidak lagi berpikir konvensional, seperti dapur harus di belakang, atau harus ada ruang kerja di rumah dan sebagainya. ”Ruang kerja bagi sebagian besar orang juga relatif. Ada yang memerlukan ruang tersendiri ada pula yang bisa mengerjakan segala sesuatunya di mana pun, termasuk di tempat tidur. Bahkan di mobil,” lanjut Soepono.

Untuk menghadirkan ruang kerja di rumah, sambung Soepono, perlu mencari tempat ideal yang disesuaikan dengan jenis pekerjaan. ”Ada sebagian perempuan yang bekerja sebagai penulis memilih ruang kerja yang bisa mengakses ke dapur dan ruang keluarga, dengan maksud agar bisa mengawasi anak-anak dan juga mengerjakan pekerjaan rumah,” ungkapnya.

Namun bagi yang pekerjaannya menyangkut aspek publik seperti praktik dokter atau pengacara, imbuh Soepono, lebih tepat kalau memilih posisi ruang kerja di bagian depan atau di samping rumah. ”Kalau pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi dan inspirasi seperti penulis sebaiknya memilih ruang yang khusus, bisa di lantai atas, dengan view atau jendela yang menghadap ke jalan atau ke taman. Hal ini agar memancing inspirasi dalam berkarya,” paparnya.

Untuk memberikan variasi atau suasana yang mendukung kerja, lanjut Soepono, sebaiknya di ruang kerja diberi hiasan tanaman indoor, televisi, perangkat audio atau DVD yang bisa memberikan penyegaran inspirasi.

Privasi

Pada rumah dengan lahan sempit Soepono mengatakan bisa disiasati dengan penempatan perabot ruang yang fleksibel. ”Fleksibel dalam pengertian kalau tidak dipakai bisa dilipat atau disembunyikan. Hal ini bisa dicari mebel multifungsi,” ujarnya.

Sementara itu, Dosen Program Studi Desain Interior, Universitas Sahid Surakarta, Kusbimantoro mengatakan ruang kerja butuh keleluasaan pribadi yang luas atau privasi ruang harus terjaga. ”Ruang kerja dibutuhkan perabot yang mendukung kerja minimal meja, kursi dan komputer jika memerlukan perangkat ini,” ujar Kusbimantoro.

Sedangkan untuk rumah minimalis, imbuhnya, pembuatan ruang kerja bisa disiasati dengan menempatkan mebel yang multifungsi, di antaranya bisa ditempatkan di ruang keluarga. Sebaiknya ruang tamu, jangan digunakan sebagai ruang kerja karena ruang tamu itu ruang publik, kurang pas jika dipakai untuk ruang kerja,” lanjut Kusbimantoro.

Kusbimantoro mengingatkan pemilihan tempat file kerja atau dokumen kerja perlu memperhatikan kondisi dinding, apakah dilewati kapiler air atau tidak. ”Jika dinding kapiler bisa merusak dokumen kerja, sebaiknya dilapisi dengan tegel agar tidak langsung menempel ke lemari buku atau meja kerja,” jelasnya.  ( Eri Maryana)

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS