www.peluangproperti.com www.peluangproperti.com

Rumah Aman ditinggal Berlibur

484 Kali

RUMAH190.COM Musim liburan sekolah atau lebaran, selalu di manfaatkan Anda untuk bersilaturahmi dengan keluarga.Karenanya, rumah ditinggal begitu saja dan luput dari perkiraan. Ada beberapa langkah seperti dirilis dari situs, pintunet.com, yang bisa Anda lakukan apabila akan meninggalkan rumah untuk waktu yang cukup lama, misalnya untuk waktu satu pekan lamanya.

* Bersihkan rumah dari segala macam hal yang kotor-kotor, seperti perabotan masak dan makan,pakaian kotor yang direndam, sampah basah di dalam rumah serta makanan yang tersimpan di dalam lemari makan ataupun kulkas. Usahakan tidak ada makanan yang tersimpan dalam almari makan ataupun kulkas yang mudah basi dan hendaknya memang betul-betul bersih, guna menghindari dari binatang seperti semut, kecoa, dan tikus.

* Tutup bagian-bagian rumah yang sekiranya sering dijadikan jalan masuk bagi binatang seperti kecoa dan tikus ataupun air hujan ke dalam rumah. Bila musim hujan dan ada bagian rumah yang bocor, cobalah untuk memperbaikinya, dan bila waktu tidak memungkinkan geserlah barang-barang yang berada tepat di bawah terjadinya bocoran tersebut. Anda kan tidak ingin, setiba dari mudik, perabotan rumah tangga menjadi rusak. Bersihkan dalam kulkas dari berbagai makanan, buah dan sayuran karena akan lebih baik bila kulkas tersebut Anda tinggalkan dalam keadaan dimatikan aliran listriknya.

* Cabut semua kabel aliran listrik dari stop kontak guna mencegah terjadinya konsleting, mematikan meteran air serta gunakanlah sensor light pada lampu luar rumah yang akan dinyalakan selama Anda bepergian. Untuk pengguna kompor gas, wajib untuk mencabut selang regulator yang berada pada tabung gas.

* Bila ada tetangga kiri kanan atau depan yang tidak mudik lebaran atau berlibur, ada baiknya Anda pamitan kepadanya sambil memberitahukan kalau Anda akan mudik cukup lama. Bila perlu tinggalkan nomor telepon Anda agar tetangga dapat menghubungi Anda selama mudik. Titipkan rumah Anda ke tetangga, dan minta tolonglah untuk ikut mengawasi. Langkah-langkah tersebut, seyogianya mulai dibiasakan karena selain memupuk rasa solidaritas antar tetangga juga mendidik Anda dalam bergaul. ( Triyanto Hery S)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS