designforfree.com Merancang Rumah Hemat Energi designforfree.com Merancang Rumah Hemat Energi

Rumah Hemat Energi

1128 Kali

Dengan sumber daya alam yang semakin terbatas dan ancaman kerusakan lingkungan yang semakin besar, membangun hunian ramah lingkungan menjadi pilihan bijak saat ini.

Namun bagaimana sebenarnya konsep yang benar soal membangun rumah ramah lingkungan? Menurut Setyowibowo, konsultan desain dari Urbanmonkees, konsep rumah hijau alias ramah lingkungan biasanya memadukan bangunan hemat energi dan menggunakan material ramah lingkungan yang berkontribusi pada penurunan konsumsi energi.

“Kalau bicara ramah lingkungan, sebaiknya tidak sekadar saat rumah itu sudah jadi dibangun, dioperasionalkan dengan hemat listrik, memiliki genteng yang tidak memantulkan cahaya, atau tidak menggunakan AC,” katanya, beberapa waktu lalu. “Sebaiknya juga menggunakan material yang terbarui dan tidak beracun.”

Jadi, lanjutnya, apabila proses membangun dan desain mengarahkan pada kerusakan alam, maka upaya hemat energi tak berarti sama sekali. Setyowibowo memaparkan bahan material yang ramah lingkungan dan diperbaharui tentunya akan lebih mahal dan kualitasnya tidak sebaik bahan kimiawi.

Sementara itu, arsitek dari biro Aboday, Ary Indra, mengatakan rumah ramah lingkungan tidak selalu harus rumah yang berbasiskan teknologi, untuk dapat menarik keuntungan sebesar-besarnya dari alam.

“Kalau dananya ada, maka tidak akan menjadi kendala ketika memasang solar panel atau pendaur ulang air hujan, dan sebagainya. Namun, seharusnya rumah ramah lingkungan bisa dibangun oleh siapa saja tanpa bujet yang besar,” ujarnya.

Menurutnya, yang terpenting adalah bagaimana bersikap kepada alam. “Arah hadap rumah yang ideal misalnya ke utara atau selatan, supaya rumah tidak panas,” ujarnya.

Dan, selanjutnya, yang paling penting adalah rumah itu cocok dengan karakter penghuni, agar penghuninya juga bahagia. Karena, kebahagiaan penghuni juga merupakan faktor ramah lingkungan. (Puput Ady Sukarno/JIBI)

 

RELATED POST FOR CATEGORY

Eksterior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS