Bagian Tengah Rumah Rudjito Bagian Tengah Rumah Rudjito

Rumah Jadi Museum Barang Antik

1388 Kali

Guna menambah kesan klasik pada rumahnya, Bambang Rudjito, 63, menjadikan rumahnya layaknya museum barang-barang antik. Di halaman rumahnya terdapat bekas perahu kayu yang kini difungsikan sebagai pot tanaman hias. Dia juga memfungsikan lesung kayu yang biasa difungsikan untuk menumbuk padi sebagai pot tanaman.

Pada bagian dinding di ruang tengah, terdapat dua bilah kayu yang biasa digunakan petani untuk membajak sawah menggunakan sapi atau kerbau. Alat tradisional yang biasa disebut garu itu didapat Rudjito dari pedagang barang antik di kawasan Kartasura. Pada bagian dalam, terdapat meja gerobok yang biasa difungsikan untuk menyimpan cadangan makanan pada masa lalu. Kini, gerobok itu difungsikan sebagai laci untuk menyimpan berbagai peralatan. Konon, gerobak itu menjadi salah satu koleksi barang antik tertua yang dimiliki Rudjito. “Perkiraannya sudah berusia di atas 60an tahun,” jelas Rudjito saat ditemui Rumah190.com di rumahnya di Jl. Garuda 4, Pondok Baru, Gentan, Baki, Sukoharjo, beberapa waktu lalu.

Tak jauh dari meja gerobok itu, terdapat lukisan dirinya bersama istri yang terbuat dari batu kalsit atau batu bintang yang sudah ditumbuk halus. Rudjito mengaku memesan lukisan itu kepada seorang seniman di kawasan Pacitan.

Hampir sebagian besar koleksi perabotan rumah tangga di rumah Bambang Rudjito bernuansa warna cokelat. Diakui Rudjito, dirinya amat kesulitan saat mencari perabotan yang memiliki satu warna tersebut. Namun, dia enggan menggunakan sembarang warna untuk perabotan di dalam rumahnya. Dia sengaja memilih menggunakan perabotan dengan warna dari keluarga cokelat untuk membidik kesan klasik.

“Warga merah, kuning, oranye, itu adalah keluarga dari warna cokelat yang selama ini identik dengan kesan klasik. Kalau saya menggunakan warna biru, bukan kesan klasik yang didapat, melainkan kesan modern,” ungkapnya. (Moh. Khodiq Duhri/JIBI)

RELATED POST FOR CATEGORY

Bedah Rumah

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS