rumah batik

Konsultasi Desain Rumah: Rumah Tinggal Sekaligus Sebagai Tempat Usaha Batik

2128 Kali

Rubrik ini diasuh oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura.

RUMAH190.COM–Seorang pengusaha batik di Laweyan ingin memfungsikan rumah tinggalnya selain untuk kegiatan rumah tangga juga sebagai tempat usaha batik. Kondisi awal bangunan terdiri dari bangunan rumah tinggal,paviliun dan garasi. Bentuk dan karakter bangunan bercirikan arsitektur tropis yang didominasi tekstur batu bata ekspos.

Dalam pengembangannya bangunan lama (rumah tinggal dan paviliun) tetap dipertahankan keberadaannya, tetapi hanya dialihfungsikan sebagai show room batik, ruang tamu dan kantor.Sedang bangunan paviliun dialihfungsikan sebagai studio desain batik dan tempat untuk demo pembuatan batik.

Kemudian untukkegiatan rumah tangga dibuatkan bangunan baru bertingkat duadengan menempati lokasi yang sebelumnya ditempati garasi. Gaya arsitektur bangunan rumah tinggal tetap mempertahankan ciri arsitektur yang sudah ada, yaitu tropis dan bernuansa batubata ekspose. Pencahayaan dan penghawaan alami serta menyatu dengan lingkungan merupakan konsep desain yang menjadi prioritas.

 

RELATED POST FOR CATEGORY

Konsultasi

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS