lembaran polycarbonat bisa dipasang dengan rangka besi ulir atau besi tempa yang dipasang pada dinding teras atau samping rumah. Rangka besinya pun tergantung pada selera dan permintaan pemilik rumah./pasangkanopionline. lembaran polycarbonat bisa dipasang dengan rangka besi ulir atau besi tempa yang dipasang pada dinding teras atau samping rumah. Rangka besinya pun tergantung pada selera dan permintaan pemilik rumah./pasangkanopionline.

Serba-Serbi Atap Peneduh

492 Kali

RUMAH190.COM–Saat ini banyak alternatif bahan untuk membuat atap peneduh di teras atau di samping rumah. Pemilik rumah biasanya tinggal memberi atap tambahan dari bahan fiber glass atau awning dengan rangka dari besi. Atap tambahan yang biasa disebut kanopi kembali digandrungi karena udara panas akibat musim kemarau saat ini.

Dahulu jenis awning sangat digemari untuk kanopi karena bentuknya yang fleksibel dan pilihan warnanya yang mencolok, namun saat ini sudah mulai tergeser dengan kanopi jenis polycarbonat. Selain harganya lebih terjangkau daripada awning, kualitas bahan polycarbonat jauh lebih bagus dibandingkan dengan awning.

Menurut pengelola Warna Iron, Jalan Adisucipto 170 Solo, Latief, orang saat ini lebih memilih kanopi jenis polycarbonat karena banyak pilihan warna dan harganya jauh lebih murah daripada awning. ”Awning bahannya lebih tipis dan sering bocor karena tersusun dari anyaman-anyaman aluminium,” ujar Latief sembari menambahkan ketebalan lembaran awning hanya berkisar 0,2 milimeter.

Selain itu awning tidak kuat terhadap beban, karena ketebalannya yang sangat tipis, lanjut Latief. Karena kelemahan awning tersebut, sambungnya, sehingga orang mulai beralih ke polycarbonat. ”Kalau kanopi awning bahannya tidak tembus cahaya, sedangkan polycarbonat transparan dan tembus cahaya, sehingga cahaya bisa masuk,” ungkap Latief.

kanopi dari bahan polycarbonat, bahannya seperti lembaran plastik tapi didalamnya ada rongga-rongga memanjang sehingga menyerupai garis-garis pada lembaran polycarbonat.

Ditambahkan Latief, lembaran polycarbonat tersebut biasanya dipasang dengan rangka besi ulir atau besi tempa yang dipasang pada dinding teras atau samping rumah. Rangka besinya pun tergantung pada selera dan permintaan pemilik rumah.

Pilihan warna

Selain itu pilihan warna dan kualitas polycarbonat pun beragam dari mulai warna ngejreng seperti merah, oranye, merah muda sampai warna-warna gelap seperti hitam, biru tua, abu-abu, coklat tua dan coklat muda. Untuk merk polycarbonat bisa memilih merk Global, Twin Wall, Sun Block atau merk lain dengan variasi harga yang beragam. ”Desainnya bisa beragam dan bisa disesuaikan dengan selera pemilik rumah, selain itu kemungkinan bocornya kecil karena lembarannya solid dan tidak ada sela-selanya seperti awning.”

Biasanya biaya pemasangan rangka besi sudah termasuk dalam satu paket dengan bahan polycarbonat, sambung Latief, saat ini kisaran harga kanopi polycarbonat Rp 170.000 per meter persegi.

Sementara itu salah seorang tukang spesialis kanopi, Sutimin, mengatakan harga kanopi tersebut sangat tergantung pada luas lahan yang akan dipasangi kanopi.

Mengenai kerangkanya, lanjut dia, bisa menggunakan rangka besi 44 atau 55, atau kanopi dengan atap solar lite atau fiber glass.

”Kalau untuk bentuk yang minimalis biasanya memilih rangka besi hollow, tapi kalau rumah yang kusennya bergaya spanyolan biasanya menggunakan rangka besi ulir atau besi tempa,” papar Sutimin.

Pemasangan kanopi polycarbonat juga disesuaikan dengan selera pemilik rumah, kata Sutimin, ada yang dipasang melengkung setengah lingkaran, ada juga yang dipasang berbentuk datar.

”Kalau kanopi yang dipasang melengkung setengah lingkaran, biasanya rangka besinya menggunakan besi ulir atau tempa. Kalau yang berbentuk lurus menggunakan besi,” jelas Sutimin. (Eri Maryana)

RELATED POST FOR CATEGORY

Eksterior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS