http://www.plumbingperspective.com http://www.plumbingperspective.com

Sesuaikan Bahan untuk Pembuatan Saluran Rumah Tangga

597 Kali

RUMAH190.COM Memilih bahan untuk instalasi saluran rumah tangga ada beberapa jenis. Baik yang berbahan pipa paralon ataupun beton cor. Bahan-bahan tersebut secara umum dijual di pasaran. Namun demikian, ada juga saluran yang dibuat sendiri dengan pasangan batu bata atau batu demi efisiensi anggaran.

Arsitek dari Rumadesain, Solo, Agung Wibowo mengatakan masing-masing bahan, memiliki kelebihan dan kekurangan. Sehingga masyarakat dapat memilih material sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Dijelaskannya, pipa PVC cukup ringan sehingga mudah dalam penataan. Umumnya, diameter pipa PVC yang dipakai untuk pembuangan (air kotor) dari rumah tangga adalah di atas tiga inci. Menurutnya, di bawah ukuran itu, saluran akan sangat rentan terhadap kemampatan.

Air limbah yang melalui pipa PVC biasanya mengalir lebih lancar karena permukaan pipa cukup halus. Sementara, pipa PVC tidak cukup kuat menahan beban. Meski banyak yang mengiklankan produk PVC yang lentur terhadap tekanan/beban berat, namun kehati-hatian dalam pemilihan tetap harus diutamakan.

“PVC ini ringan dan kuat, tapi rentan terhadap beban berat. Memang ada yang mengiklankan kelenturan pipa atas tekanan, tapi tetap harus hati-hati karena tekanan terkadang datang tiba-tiba yang bisa membuat pipa berisiko pecah,” kata dia saat ditemui Espos di kantornya di kawasan Panularan, Laweyan.

Bahan untuk saluran lain adalah beton cor yang dikenal juga dengan istilah bis beton. Pada penempatan beton yang ditanam di dalam tanah, bahan ini cukup kuat menahan berat. Di pasaran, beton ini tersedia dalam bentuk lingkaran. Namun ada juga setengah lingkaran sehingga dapat digunakan untuk saluran terbuka. Bentuk setengah lingkaran ini biasanya cepat kering dan lebih mudah dalam perawatan.

Menurut Agung, bahan ini juga memiliki kekurangan yakni cukup berat. Selain itu, pemilihan beton juga harus cermat karena masing-masing produsen memakai campuran semen yang berbeda-beda. Tentu, lanjutnya, yang bagus adalah yang unsur semennya lebih banyak (lebih keras).

Bagi yang ingin saluran sesuai selera, dapat membuat sendiri dengan pasangan batu bata/batu dan semen. Selain bisa dibentuk sesuai selera, biaya yang dikeluarkan juga lebih efisien. – ( Akhmad Ludiyanto)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS