Desain-Keramik-Lantai-5

Sesuaikan Jenis Keramik Anda Dengan Ruangan

1009 Kali

Untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam penataan ubin keramik interior maupun eksterior, sesuaikan dengan tema ruangan.
Di pasar, model ubin keramik sangat banyak ragamnya. Seperti dikutip dari http://limakaki.wordpress.com, model keramik di antaranya adalah ubin natural, ubin keramik berpola, ubin glazed dan ubin mosaik.

Ubin natural banyak dipakai pada lantai bangunan lama dan dapat dijumpai hingga sekarang. Biasanya jenis lantai ini berwarna natural atau bisque (morf white), terbuat dari tanah liat, dibakar dan diwarnai sesuai keinginan. Model ini bisa dipakai untuk menampilkan kesan klasik alias mirip bangunan lama, bangunan etnik atau bangunan tradisional.

Finishing warna pada ubin keramik jenis ini biasanya tidak seragam antara satu dengan ubin lain tetapi kondisi itu justru menambah keindahan. Selain itu, model ini biasanya tidak di-finishing halus licin, permukaan yang bergelombang tidak rata menambah kesan lama dan kuno.

Ubin keramik berpola, biasanya untuk tampilan yang lebih modern. Kombinasi elemen-elemen tekstur natural dan teknologi modern sekarang ini cukup tersedia. Pabrik-pabrik keramik sudah mencetak dan mem-finishing (glazed finishing) dengan teknologi modern sehingga ukuran, bentuk dan finishing-nya sangat presisi. Ketika dipasang, efeknya adalah bersih, bentuk yang tegas dan memunculkan style ubin natural atau bahkan mungkin seperti batu alam.

Sementara itu, ubin keramik glazed (glasur) biasanya diasosiasikan dengan lantai kamar mandi. Lantai jenis ini relatif mudah dipasang dan dapat diadaptasikan di mana saja serta tersedia dalam berbagai warna dan pola. Tergantung pada gaya pribadi pemilihnya. Salah satu hal yang menakjubkan dari ubin keramik berglasur adalah munculnya ubin berpola dan gaya mulai dari fresco Italia sampai pola mosaik. Aspek lain dari jenis keramik ini adalah jarak antar ubin (nat) dapat dibuat sampai tingkat minimum.

Ubin mosaik tersedia dalam ukuran kecil (misalnya 2 × 2 inci). Ubin mosaik tersedia dalam berbagai jenis material dan finishing, mulai dari kaca sampai keramik. Ubin mosaik yang tersedia adalah aneka pola dan gambar, dengan aneka warna yang hidup. Kombinasi mosaik dan jenis keramik lain dapat menambah efek cerah pada lantai. ( Akhmad Ludiyanto)

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS