Akan lebih baik jika dipilih pintu garasi mobil yang memiliki lubang udara, seperti pintu garasi mobil model kisi-kisi, sebagai tempat sirkulasi udara keluar dan masuk garasi mobil/www.wayne-dalton.com Akan lebih baik jika dipilih pintu garasi mobil yang memiliki lubang udara, seperti pintu garasi mobil model kisi-kisi, sebagai tempat sirkulasi udara keluar dan masuk garasi mobil/www.wayne-dalton.com

Sesuaikan Pintu Garasi Mobil dengan Konsep Rumah Anda

1573 Kali

RUMAH190.COM–Kehadiran pintu garasi mobil dalam rumah hunian sangat erat kaitannya dengan faktor keamanan. Seperti pintu-pintu lain dalam rumah, ada beragam jenis pintu garasi mobil yang bisa dijadikan pilihan. Bahan dan modelnya pun beragam dan sangat variatif.

Dosen Desain Interior Universitas Sahid Surakarta (Usahid), R Kusbimantoro Setyojati SSn, mengatakan salah satu hal yang penting dipertimbangkan ketika memilih pintu garasi mobil adalah berkaitan dengan bahannya. Bahan yang jamak dipilih antara lain kayu jati, alumunium, besi galvanish, stainless steel. ”Jenis bahannya juga bisa disesuaikan dengan konsep rumah yang diambil dan karena letaknya di depan, akan lebih baik jika mempertimbangkan unsur artistiknya ketika memilih pintu garasi mobil,” ujar Kusbimantoro ketika berbincang dengan Espos di ruang kerjanya.

Jika menginginkan pintu garasi mobil yang kuat dan awet, bahan stainless dan kayu jati menjadi alternatif pilihan. Mengenai jenis pintu garasi mobil, Kusbimantoro menyebutkan ada beberapa pilihan, seperti jenis folding gate (pintu lipat), rolling door, double swing atau pintu dengan dua bukaan dan pintu geser.

Pada lahan sempit, akan lebih cocok menggunakan pintu garasi mobil jenis pintu lipat, rolling door dan pintu geser. Jenis pintu tersebut lebih hemat tempat. Sementara pintu dengan dua bukaan akan lebih cocok bila diaplikasikan pada rumah dengan lahan luas. Sedangkan lebar pintu garasi mobil yang ideal rata-rata sekitar 3,5 meter untuk memasukkan satu buah mobil di dalam garasi.

Dia menambahkan, pemilihan warna atau pengaplikasian warna pada pintu garasi mobil juga penting diperhatikan. Sebisa mungkin dipilih warna yang senada dengan cat dinding di area sekitarnya sehingga bisa menyatu dengan konsep atau tema rumah yang dipilih. Namun jika garasi mobil  dijadikan sebagai focus of interest maupun sebagai penanda rumah, bisa dipilih warna yang kontras dengan warna dinding di sekitarnya. ”Warnanya bisa dibuat kontras asalkan warna dominan masih bisa menyatu dengan warna pintu garasi tersebut,” ujar dia.

Sirkulasi udara dalam garasi mobil juga harus dipertimbangkan ketika memilih pintu garasi mobil. Kusbimantoro menyarankan akan lebih baik jika dipilih pintu garasi mobil yang memiliki lubang udara, seperti pintu garasi mobil model kisi-kisi, sebagai tempat sirkulasi udara keluar dan masuk garasi mobil.

Jadi saat memanaskan mobil, asapnya bisa keluar lewat kisi-kisi tersebut. Atau ketika mobil yang baru digunakan diparkir dalam garasi mobil, udara panas dari mobil tersebut bisa keluar lewat kisi-kisi tersebut dan bisa mendinginkan mesin mobil lebih cepat karena sirkulasi udara dalam garasi mobil menjadi lebih bagus.  (anh)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS