Pintu pagar rumah juga berfungsi sebagai salah satu elemen estetika yang mendukung keindahan rumah secara keseluruhan. Karena pintu pagar merupakan bagian pertama dari sebuah rumah yang dapat dilihat bebas oleh orang yang melintas di depannya./dok Pintu pagar rumah juga berfungsi sebagai salah satu elemen estetika yang mendukung keindahan rumah secara keseluruhan. Karena pintu pagar merupakan bagian pertama dari sebuah rumah yang dapat dilihat bebas oleh orang yang melintas di depannya./dok

Sesuaikan Pintu Pagar Dengan Luas Halaman Rumah

1336 Kali

RUMAH190.COM–Pemasangan pintu pagar pada rumah tak hanya sekadar difungsikan untuk alasan keamanan. Dalam perkembangannya kini, pintu pagar rumah juga berfungsi sebagai salah satu elemen estetika yang mendukung keindahan rumah secara keseluruhan.  Karena pintu pagar merupakan bagian pertama dari sebuah rumah yang dapat dilihat bebas oleh orang yang melintas di depannya.

Sehingga tak heran jika banyak orang tak sembarangan dalam memilih pintu pagar yang akan mereka pasang pada rumah mereka. Ada beragam model pintu pagar yang terbuat dari berbagai bahan dasar yang dapat dijadikan pilihan.Mulai dari model pintu pagar geser, engsel, lipat hingga pintu kombinasi antara engsel dan geser serta beberapa model lainnya. Sementara bahan dasar pintu pagar rumah biasanya berupa besi tempa, besi biasa dan dari kayu.

Untuk menambah estetika rumah, tak jarang orang menyesuaikan bentuk pagar beserta pintunya dengan konsep rumah yang diinginkan. Seperti dilakukan oleh Puji Rahayu, penghuni rumah No 37 di Perumahan Permata Puri. Ibu dua orang puteri tersebut memilih model pintu pagar geser dengan cat abu-abu pada rumahnya yang berkonsep minimalis.

Wanita yang akrab disapa Ayu ini mengatakan, pintu pagar dengan model geser dipandang lebih praktis dan simpel, sesuai dengan desain rumah minimalis yang dipilihnya bersama sang suami. ”Karena halaman rumah saya tidak terlalu luas, saya lebih memilih pintu pagar geser ketimbang pintu engsel. Mengingat pintu geser lebih efisien ketimbang pintu engsel yang terlalu memakan banyak tempat,” kata Ayu ketika disambangi Rumah190.com di kediamannya.

Engsel dan geser

Mengingat rumahnya bergaya minimalis, Ayu memilih pintu pagar dari bahan dasar besi biasa yang dicat abu-abu. Pintu pagar sepanjang tiga meter dengan ketinggian sekitar satu meter dibuat sederhana tanpa penambahan ornamen apapun. Membuat pintu pagar geser sederhana tersebut tampak menyatu dengan konsep rumah minimalis.

Bicara mengenai perawatan pintu pagar geser ternyata tidak terlalu susah. Menurut Ayu, perawatannya cukup mudah dan tak memakan banyak biaya. ”Agar roda pintu tak seret saat digeser maka cukup dilumasi minyak atau vaselin. Biasanya hal ini saya lakukan tiga hingga empat bulan sekali,” kata Ayu.

Lain halnya dengan warga Colomadu, Ny Yudi, yang memilih mengombinasikan pintu pagar model geser dengan engsel. Pemasangan model pintu kombinasi engsel-geser tersebut memungkinkan pemilik rumah mendapatkan dua fungsi sekaligus.

Pemasangan pintu pagar geser dilakukan untuk menyiasati halaman rumah yang tak terlalu luas, sementara pintu engsel dinilai lebih praktis untuk keluar masuk kendaraan roda dua atau untuk tempat orang keluar masuk.

”Jadi untuk keluar masuk orang atau kendaraan roda dua, kita cukup membuka pintu engsel, sementara pintu geser hanya digunakan untuk keluar masuk mobil,” kata Ny Yudi.

Mengenai bahan dasar pintu pagar kombinasi engsel-geser tersebut adalah dari besi tempa. Panjang pintu pagar yang dicat hijau tersebut sekitar empat meter. Sementara detil pintu pagarnya disesuaikan dengan teralis pada jendela rumah. ”Dengan pemasangan pintu pagar seperti itu selain tidak memakan banyak tempat juga cukup praktis,” kata dia.

Sementara pintu pagar engsel lebih dipilih oleh Ana, warga Colomadu lainnya. Pilihan pintu pagar engsel ini untuk menyiasati bentuk rumahnya yang makin ke depan makin menyempit.

”Jarak pintu pagar dengan teras cukup jauh jadi saya lebih memilih memasang pintu pagar engsel, mengingat pagar rumah saya tidak panjang hanya sekitar tiga meter sehingga tidak memungkinkan bagi saya memasang pintu pagar geser,” jelas Ana. (Aeranie Nur Hafnie)

RELATED POST FOR CATEGORY

Eksterior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS