http://hargabahanbangunan.co http://hargabahanbangunan.co

Sesuaikan Wallpaper Dengan Konsep Ruangan

1307 Kali

RUMAH190.COM Aplikasi wallpaper dalam interior ruangan sering memberi banyak keuntungan, antara lain sebagai focus of interest ruangan. Jadi, ruangan terlihat dinamis kendati furniture yang dipajang sangat sederhana. Meski begitu, pengaplikasian wallpaper dalam ruangan tetap harus memperhatikan konsep ruangan yang ingin ditampilkan, dan yang terpenting sesuai dengan kepribadian pemilik dan fungsi ruangan.

”Wallpaper bisa jadi penunjang estetika ruangan. Pengaplikasiannya juga bisa dilakukan dalam berbagai konsep baik itu minimalis, klasik maupun pop art,” ujar Catur KS, seorang designer interior dari toko furnitur Sleep Center yang terletak di Jalan Yos Sudarso, Solo.

Tak sulit mengaplikasikan wallpaper, yang terpenting menurut Catur, sebelum menempelkan wallpaper, dinding harus dalam keadaan kering dan rata. Permukaan dinding yang lembab membuat pengaplikasiannya kurang sempurna, selain mudah terkelupas, wallpaper juga kurang menempel sempurna, sehingga terkesan kurang rapi.

”Pengaplikasian wallpaper akan lebih baik pada dinding yang sudah dicat karena kelembabannya cenderung lebih minim ketimbang dinding yang masih mentah,” ujarnya lagi. Perawatan wallpaper pun ternyata tak terlalu rumit. Untuk wallpaper yang tak bertekstur, membersihkannya cukup dengan menggosokkan kain lembab pada permukaan wallpaper, sekadar untuk membersihkan debu yang menempel. Sementara itu, pada wallpaper bertekstur, perawatan bisa dilakukan dengan menggunakan vacum cleaner. ”Untuk wallpaper bertekstur, saya sarankan untuk tidak dibersihkan dengan menggosok, kalaupun dengan menggunakan kain lembab sebaiknya hanya ditepuk-tepukkan di permukaan saja.”

Jangan berlebihan

Kendati bisa diaplikasikan dalam berbagai konsep ruangan, Catur menyarankan untuk tak menempel wallpaper pada satu ruangan secara berselang-seling. Sebaiknya, lanjutnya, wallpaper digunakan untuk menonjolkan satu sisi saja, atau kalau mau total, wallpaper bisa diaplikasikan ke seluruh bagian dinding ruang.

”Penggunaan wallpaper bisa jadi solusi untuk menonjolkan sisi tertentu pada ruang sehingga memberi warna pada ruang agar tidak terlihat monoton. Tapi penggunaannya juga tak boleh berlebihan, harus tetap memperhatikan keserasian dengan furniture yang ada,” katanya lagi. Rumah dengan gaya klasik, sambung Catur, paling tepat untuk pengaplikasian wallpaper, karena keragaman motifnya bisa membuat ruangan lebih variatif ketimbang penggunaan wallpaper pada ruangan berkonsep minimalis. Ini bukan berarti wallpaper tak bisa diterapkan dalam ruangan berkonsep minimalis, namun pemilihan corak dan pengaplikasiannya harus diperhatikan betul. ”Tapi untuk konsep minimalis sebaiknya mengedepankan variasi cat saja, kalaupun ingin menggunakan wallpaper pilih yang coraknya sederhana,” kata dia. ( Esmasari W )

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS