www.pinterest.com www.pinterest.com

Siapkan Perencanaan dan Komponen Pembuatan Carport

986 Kali

RUMAH190.COMMembuat carport membutuhkan perencanaan yang cermat dengan beberapa pertimbangan. Tujuannya agar diperoleh carport yang kuat sehingga dapat mengakomodasi fungsi utamanya guna melindungi kendaraan. Juga mendapat bentuk yang tepat sesuai dengan yang diinginkan, serta menghasilkan tampilan yang indah untuk mendukung tampilan wajah rumah. Dalam dikutip dari situs www.bangun-rumah.com yang disarikan dari buku 21 Desain Atap Carport yang ditulis oleh Nia Noorrahmah, 2007 ada hal-hal yang harus diperhatikan, di antaranya adalah letak, bentuk dan struktur atap carport, letak talang air, pemilihan material, dan perkirakan anggaran. Berikut penjelasannya:

* Letak carport
Penempatan carport harus memperhatikan sirkulasi kendaraan ketika keluar masuk carport maupun arah dan arus kendaraan di jalan yang berbatasan dengan halaman.

* Bentuk dan struktur atap carport
Alternatif pilihan bentuk dan struktur atap carport sangat beragam. Selain bergantung pada selera pemilik rumah, hal penting yang harus dipertimbangkan adalah tampilan desain atap carport berpengaruh secara langsung terhadap tampilan wajah bangunan secara keseluruhan. Oleh karenanya, perhatikan kesesuaiannya dengan konsep desain maupun gaya rumah yang bersangkutan.

* Letak talang
Rencanakan pembuangan air hujan sejak awal. Jika direncanakan memasang talang, perhitungkan jaringan utilitas atau kegunaan yang sudah ada. Pada atap carport yang berupa atap datar dan direncanakan tanpa talang, perhatikan kemiringan dan arah jatuhnya air hujan.Jangan sampai terjadi genangan air karena sudut kemiringan yang salah ataupun teras yang becek terciprati air hujan akibat arah jatuh yang salah. Selain atap, perhatikan juga elemen lantainya. Lantai carport juga harus didesain secara benar untuk dapat mengalirkan air menuju saluran yang direncanakan.

* Pemilihan material
Selain faktor kekuatan, kemudahan pemasangan dan perawatan, pemilihan material pun harus memperhitungkan pengaruh karakteristik material terhadap tampilan desain bangunan rumah. Perbedaan paling mencolok yang bisa diamati pada karakter material adalah material dari bahan-bahan konvensional menawarkan kesan alami dan tradisional. Sementara material dari bahan sintetis menawarkan kesan modern dan futuristik.

* Perkirakan anggaran
Sesuaikan dengan dana yang tersedia. Ada banyak pilihan desain carport, baik bentuk maupun strukturnya. Biaya pembuatan carport pun bisa diutak-atik sesuai dengan anggaran yang tersedia. ( Akhmad Ludiyanto)

RELATED POST FOR CATEGORY

Eksterior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS